James “JT” Taylor, dikenal sebagai member sekaligus lead singer R&B Funk band, Kool and The Gang.

James bergabung di Kool and The Gang di tahun 1978 setahun kemudian dia menjadi lead singer. Kool and The Gang terkenal dengan banyak lagu hits, lagu – lagu band ini seperti menjadi anthem di lantai disko di tahun 70 – 80an. Album Celebrate! (1980) meraih platinum dengan single Celebration menjadi “International Anthem”.

Dimasa itu, siapa sih yang gak goyang bahunya begitu mendengar intro lagu Celebration? dan pasti langsung kepingin “turun” melantai, membentuk barisan berjejer rapi.

Sebagai lead singer di band yang terkenal dan sukses, toh tidak membuat Taylor lantas betah berlama-lama nge-band. Tahun 1988, Taylor keluar dan memutuskan solo karir. Album solo pertamanya release di tahun 1989, dengan judul “Master of The Game”. Album ini mempunyai beberapa single hits, single pertamanya adalah “All I Want is Forever” duet bersama Regina Belle, lalu ada lagu “Romancia”, yang sangat akrab di telinga generasi 90an. Single inilah yang membuat nama James “JT” Taylor terkenal di Indonesia, lagu ini sempat menjadi top playlist dan banyak di request di radio-radio di Indonesia.

Setelah album pertama hanya mampu bertengger di peringkat 77 Billboard Chart, Taylor mengeluarkan album keduanya, “Feel The Need“, di tahun 1991 yang menghasilkan “Long Hot Summer Night” dan “Heart to Heart” duet bersama Stephanie Mills. “Long Hot Summer Night” kembali menjadi lagu yang sering di putar di radio-radio Indonesia.

Tahun 1993 Taylor mengeluarkan album solo ketiganya, “Baby I’m Back”, diikuti oleh album keempat di 2000 berjudul “A Brand New Me”. Taylor sempat bereuni dengan Kool and The Gang di 1996, dengan membuat album berjudul “State of Affair” walaupun mendapat review positif dari kritikus musik, secara komersil album ini tidak mampu menyamai bahkan melebihi kesuksesan album – album Kool and The Gang di saat mereka berjaya di era 70an dan 80an.

Di kutip dari official website jamesjttaylor.com, Taylor mempunyai album di 2011, dengan mengandalkan single “Showdown”. Entah kenapa, dari sekian banyak single dari album solonya, hanya Romancia yang paling “menempel” dan teringat selama bertahun-tahun seperti lirik lagunya, I never will forget Romancia, atau karena lagu ini pernah jadi soundtrack masa lalu ya? Eh…

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here