Akhir-akhir ini cuaca memang sedang terik nan panas, dan orang-orang cenderung membutuhkan pendingin ruangan seperti Air Conditioner (AC) atau kipas angin. Pada suhu yang sangat panas AC tentu saja menjadi penolong agar tubuh mendapatkan udara dingin untuk meredam rasa panas.

Tapi, kamu tahu nggak kalau menggunakan AC dalam periode tertentu dapat menimbulkan efek samping pada tubuh? Meskipun memberikan kenyamanan di cuaca panas, menggunakan AC sepanjang malam dan hari dapat menimbulkan efek-efek pada tubuh seperti;

  1. Mata Kering.

Berada di tempat pendingin ruangan terlalu lama dapat menyebabkan mata kering, terlebih bagi kamu yang memang sudah memiliki kondisi mata kering, bisa membuat mata terasa lebih gatal dan mengalami iritasi.

  1. Kulit kering.

Tidak hanya mata saja yang akan mengalami kekeringan jika berada terlalu lama dan sering di ruangan ber-AC. Kulitmu juga bisa jadi kering dan menimbulkan rasa gatal. Paparan yang berlebih terhadap AC bersama dengan paparan sinaran matahari dapat menyebabkan kulit kering dan gatal.

  1.  Dehidrasi.

Tingkat dehidrasi akan lebih tinggi jika kamu sering berada di ruangan ber-AC, jika dibandingkan dengan ruangan atau tempat-tempat lainnya. AC menyedot lebih banyak kelembapan dari ruangan sehingga orang yang berada di ruangan tersebut akan mengalami dehidrasi.

  1. Masalah Pernapasan.

Berada di tempat dengan AC dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan masalah pernapasan pada hidung, tenggorokan, dan mata. Seringkali seseorang mengalami tenggorokan kering, rhinitis, dan penyumbatan hidung. Rhinitis adalah kondisi yang menyebabkan inflamasi dari membran lendir dari hidung, yang disebabkan oleh infeksi virus atau reaksi alergi.

  1. Asma dan Alergi.

AC dapat memperburuk kondisi seseorang yang memang sudah memiliki riwayat asma atau alergi. Jika AC tidak dibersihkan dengan baik, penggunanya dapat terserang resiko yang memicu semakin buruknya kondisi asma dan alergi yang dimiliki.

  1. Sakit Kepala.

Migraine dan sakit kepala bisa muncul karena kamu sering berada terlalu lama di ruangan ber-AC setiap malam dan hari. Dehidrasi karena AC bisa jadi pemicu sakit kepala dan migraine. Hal ini tentu saja tidak boleh diabaikan, karena sakit kepala dan migraine juga bisa membahayakan kesehatan dan menghambat kegiatan yang dilakukan sehari-hari.

  1.  Lesu.

Alat pendingin ruangan seperti AC juga dapat menimbulkan dampak yang sangat negatif. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang berada di tempat dengan AC dalam waktu yang lama tubuhnya juga bisa mengalami lesu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here