Beberapa orang menganggap kalau pemilik perut six pack dan lengan berotot hanyalah milik mereka yang masih berusia muda. Tapi jangan salah, bagi Anda yang sudah memasuki usia jelang paruh baya juga bisa memiliki perut six pack dan lengan berotot tak kalah dari orang-orang yang masih berusia muda. Lantas, apakah latihan membentuk tubuh di usia 40 tahun adalah pilihan yang baik untuk dilakukan? Ya, kenapa tidak?

Seorang natural body builder dari Australia, Lib Marchese yang sudah berusia 40 tahun menyatakan bahwa impian memiliki bentuk tubuh yang ideal di usia 40 tahun bukanlah sebuah angan belaka. Mereka yang berada di usia 40 tahun bisa mewujudkan impiannya memiliki bentuk tubuh yang diinginkan dengan melakukan olahraga yang teratur, agar tak hanya mendapat manfaat kesehatan dan kebugaran tubuh saja, tetapi juga bisa mendapat bonus bentuk tubuh yang memukau.

Dan inilah beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika Anda memulai latihan membentuk tubuh di usia 40 tahun;

  1. Mulailah Dengan Perlahan. Anda harus memulai kegiatan baru ini dengan perlahan, dan jangan langsung di porsir karena akan merugikan tubuh Anda. Anda bisa memulainya dengan latihan beban secara perlahan dan lakukan secara intens. Bila Anda terlalu terburu-buru menambah beban latihan, Anda bisa cepat kelelahan atau bahkan ce Mulailah dari intensitas dan volume ringan agar tubuh terbiasa.
  2. Berlatih Bersama Personal Trainer. Adanya campur tangan personal trainer dalam latihan pembentukan tubuh di usia 40 tahun merupakan pilihan yang sangat tepat. Anda bisa mengikuti instruksi dari personal trainer sehingga bisa meminimalisir risiko dan kesalahan yang terjadi saat latihan pembentukan badan.
  3. Berlatih Maksimal 3 – 4 Kali Seminggu. Melakukan latihan beban 3-4 kali seminggu adalah waktu yang cukupuntuk memulihkan otot pasca latihan pembentukan tubuh. Perlu diingat kembali kalau otot berkembang saat istirahat, bukan pada saat latihan. Memaksanya bekerja sebelum pulih total hanya akan membuat proses pembentukan tubuh Anda menjadi tidak
  4. Mengatur Pola Makan Dengan Benar. Selain tata cara latihan pembentukan tubuh yang harus benar-benar diperhatikan, mengatur pola makan dengan benar merupakan suatu kewajiban. Anda perlu mengkonsumsi banyak makanan sehat yang mengandung protein, seperti susu bebas lemak (khusus bagi Anda yang sudah berusia 40 tahun pilihlah susu bebas lemak), ayam, ikan, telur, dan daging. Makanan dan minuman kaya protein dapat membantu membentuk otot tubuh.
  5. Jangan Sepelekan Peregangan Seusai Latihan. Seseorang yang sudah berusia 40-an membutuhkan dua kali lebih banyakperegangan usai latihan. Hal ini dikarenakan otot dan ligamen Anda lebih mudah mengencang, sehingga perlu usaha ekstra untuk mengendurkannya. Semakin luas rentang gerak yang Anda lalui, semakin baik pula hasil dari latihan beban Anda. Maka dari itu, stretching sama sekali tidak boleh diabaikan seusai latihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here