Kalau sehabis bikin teh, biasanya pasti ampasnya langsung kamu buang. Eits! Sekarang jangan langsung buang ya! Soalnya, ampas teh ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan lho. Apa saja ya? Simak selengkapnya di bawah ini;

  1. Menghilangkan Kantung Mata.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, manfaat utama dari ampas teh adalah untuk menghilangkan kantung mata akibat sering begadang ataupun karena mata terlalu lelah. Teh mengandung antioksidan dan tanin yang membantu mengurangi kantung mata. Caranya mudah kok, kamu cuma harus memasukkan dua kantong teh hijau ke kulkas selama 30 menit. Kemudian letakkan kantung teh tersebut di kelopak matamu. Diamkan selama 15 menit. Lakukan ini dua kali sehari agar lebih cepat proses menghilangkan kantung mata.

  1. Masker Wajah.

Memiliki wajah halus dan lembab adalah impian setiap perempuan, mau tahu nggak cara mudahnya adalah dengan menggunakan ampas teh sebagai masker. Selain dapat melembabkan dan menghaluskan wajah, ampas teh juga dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan noda bekas jerawat. Caranya, campurkan ampas teh dengan madu dan tepung beras secukupnya, kemudian aduk hingga rata. Selanjutnya, oleskan masker secara merata ke wajah, tunggu hingga 5 menit dan bilas dengan air bersih.

  1. Mencerahkan Wajah.

Say bye bye to wajah kusam. Karena mulai sekarang kamu bisa menggunakan ampas teh untuk membuat kulit wajahmu terlihat lebih cerah. Ampas teh dapat mencerahkan kulit wajah akibat flek hitam dan kotoran debu polusi udara yang menempel. Caranya sama dengan memberikan masker teh ke wajahmu. Lakukan secara rutin pada malam hari sebelum tidur.

  1. Merangsang Pertumbuhan Rambut.

Rambut rontok dan pertumbuhan rambut yang lambat bisa diatasi dengan menggunakan ampas teh hijau. Selain itu, ampas teh hijau juga bisa mencegah kulit kepala kering dan ketombe. Setelah mencuci rambut, bilas dengan air yang berisi ampas teh hijau yang sudah dingin. Kemudian pijat dengan lembut agar lebih menyerap. Diamkan selama 10 menit, dan bilas kembali dengan air sampai bersih.

  1. Menghilangkan Bau Tak Sedap Dalam Kulkas.

Solusi mudah untuk menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas kamu bisa menggunakan ampas teh sebagai bahan penghilang bau. Caranya, letakkan beberapa ampas kantung teh celup dan biarkan saja sampai bau pada kulkas menghilang dengan sendirinya.

  1. Memulihkan Kulit yang Terkena Panas Matahari.

Sensasi kulit terasa seperti terbakar terjadi setelah kamu menjemur tubuh di bawah sinar matahari. Jika berlebihan kulit memang akan terasa panas seperti terbakar dan timbul kemerahan pada kulit. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan ampas teh dengan meletakkan ampas teh yang dingin ke kulit yang terpapar matahari. Dengan begitu, rasa perih akibat paparan matahahari akan berkurang.

  1. Mengobati Bisul.

Akan sangat mengganggu aktivitas kalau bisul menghampiri tubuhmu. Tapi jangan khawatir, kamu bisa memakai ampas teh untuk menghilangkan bisul dengan cara mengompres bisul dengan ampas teh. Tunggu sekitar 15 menit sampai ampas mengering. Lakukan cara ini dengan rutin, sampai bisul menghilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here