Memiliki penyakit Asam Lambung sungguh sangat membuat siapapun yang mengidapnya menjadi tidak nyaman, apalagi ketika asam lambung mulai kambuh dan menyisakan sakit luar biasa pada bagian perut dan membuat tubuh serba salah untuk bergerak karena biasanya asam lambung yang sedang kumat bisa membuat pengidapnya tidak bisa bergerak banyak karena asam lambung sudah menyebar rasa sakitnya.

Asam lambung merupakan cairan yang diproduksi dalam organ pencernaan yang mengandung asam klorida. Fungsinya mendukung sistem pencernaan, deteksi kuman atau bakteri dari makanan dan minuman, serta membantu tubuh dalam menyerap vitamin B12. Asam lambung yang rendah atau berlebih akan menimbulkan rasa sakit karena kadar asam yang rendah dan berlebihan tersebut.

Jika suatu ketika asam lambungmu kumat, jangan panik! Untuk mengatasinya, pengidap asam lambung harus mengetahui terlebih dahulu tentang manfaat dan efek samping ketika asam lambung berlebih. Dan cara seperti apa yang harus dilakukan ketika asam lambung sedang naik.

Baca Juga : Sering mendengkur?ini penyebabnya dan cara ampuh untuk mengatasinya

Seseorang yang mengidap asam lambung, penting sekali untuk memperhatikan asupan makanan dan pola makan yang Ia terapkan. Misalnya seperti ini;

  1. Makan Harus Lebih Teratur.

Salah satu penyebab kenaikan asam di lambung adalah pola makan yang tidak teratur. Maka dari itu, usahakan untuk memiliki jam makan yang sama setiap hari. Selain itu, kamu juga disarankan untuk tidak makan dua jam sebelum tidur karena hal tersebut dapat memicu asam naik ke tenggorokan saat tidur.

  1. Hindari Ngemil Diantara Waktu Makan.

Kebiasaan ngemil diantara sela-sela waktu makan dapat mempersulit pencernaan untuk memproses makanan karena terlalu banyak. Akibatnya, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan tersebut.

  1. Perhatikan Porsi Makan.

Dengan memperhatikan porsi makan, kamu dapat mencegah terjadinya asam lambung. Karena, makan dalam porsi besar dapat memicu refluks. Untuk menghindari kelaparan, sebaiknya kamu makan lebih sering namun dalam porsi yang lebih kecil.

  1. Jangan Minum Air Terlalu Banyak Saat Makan.

Minum terlalu banyak air saat makan bisa mencairkan asam lambung dan membuat makanan yang kamu konsumsi menjadi sulit untuk dicerna.

Asam di lambung rentan naik setelah selesai makan. Maka dari itu, selain menjadwalkan makan lebih teratur, kamu juga harus memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi agar tidak salah makan dan asam lambung kembali menghantui! Berikut ini ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk kamu-kamu yang mengidap asam lambung yaitu; Pisang, Oatmeal, Sayuran Hijau, Jahe, Putih Telur, Daging Tanpa Lemak, Lidah Buaya. Dan hindarilah makanan-makanan seperti Cokelat, Soda, Makanan yang mengandung banyak minyak, Alkohol, Susu lemak tinggi, Kafein, Daging lemak tinggi, Tomat, Buah citrus, dan Bawang bombay.

Baca Juga : Komik si Mimin cerita gambar sarat makna kehidupan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here