Es teler dan es campur adalah dua menu minuman yang kesegarannya tidak bisa ditolak, terlebih ketika cuaca sedang panas dan saat bulan puasa seperti ini es teler dan es campur kerap kali menjadi minuman wajib yang harus ada di meja makan untuk sajian berbuka puasa.

Sekilas tampilan es teler dan es campur memang mirip, seolah tidak ada bedanya. Namun ternyata, kedua es ini memiliki perbedaan lho. Tak heran beberapa orang masih suka salah dalam memilih es teler dan es campur. Sama-sama manis dan menyegarkan, apakah kamu sudah tahu apa perbedaan antara es teler dan es campur?

Begini, mari kita uraikan apa perbedaan yang terlihat jelas dari es teler dan es campur. Es teler adalah minuman es yang berisi serutan alpukat, serutan kelapa muda, potongan nangka, susu kental manis, sirup, dan santan. Es yang biasa dipakai berupa es serut.

Sajian Es Teler

Selain itu, es teler juga bisa dicampurkan dengan isian cincau, kolang-kaling, pacar cina, potongan buah, dan agar-agar. Es teler sudah ada dan menjadi favorit sejak tahun 1980-an.

Sedangkan es campur adalah minuman es yang tampilannya mirip dengan es teler, hanya saja isiannya lebih beragam. Es campur memiliki isian yang beragam, ada blewah, rumput laut, kolang-kaling, biji mutiara, potongan agar-agar, daging kelapa, tape singkong, alpukat, nangka, nanas, melon, cincau hitam, dan es batu.

Sajian Es Campur

Jika dilihat dari komposisi bahan-bahan yang digunakan, bahwa es teler dan es campur memiliki isian yang berbeda, walaupun secara tampilan sekilas terlihat sama. Keduanya sangat cocok dinikmati saat udara sedang panas dan menjadi menu es favorit untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan. Dari kedua es ini, mana yang jadi favorit kamu? Es teler atau es campur?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here