Bagi pejuang asam lambung, menentukan makanan sebagai santapan memang tergolong rumit dan membingungkan. Terlebih bagi kamu yang sudah mencapai titik kronis mengalami gangguan asam lambung. Jika kamu salah memilih menu makanan, bisa saja hal-hal yang tidak diingnkan terjadi, seperti naiknya asam lambung yang mengakibatkan sakit luar biasa hingga tak tertahankan.

Asam lambung sering kali ditandai dengan sakitnya organ tubuh, tepatnya ulu hati. Hal ini kerap kali terjadi karena tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). LES ini merupakan lingkaran otot bagian bawah esofagus. Secara singkat LES berfungsi untuk menutup dan mencegah asam dan makanan yang akan naik kembali ke esofagus.

Baca Juga:Hati-hati! Beberapa Makanan ini Tidak Baik Dikonsumsi Saat Perut Kosong.

Untuk mencegah agar asam lambung tidak naik, para pejuang asam lambung haruslah pintar memilih dan memilah makanan yang akan di konsumsi. Beberapa makanan di bawah ini, umumnya dapat mencegah terjadinya naik asam lambung yang bisa menjadi rekomendasi makanan sehari-hari bagi kamu loh.

  1. Daging tanpa lemak

Mengkonsumsi makanan berminyak dan belemak seperti gorengan dan cokelat sangat tidak dianjurkan untuk di konsumsi bagi para pejuang asam lambung. Pasalnya hal ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung bagi kamu. Lalu, bagaimana cara para pejuang asam lambung menikmati makanan enak seperti daging?

Tentu saja daging yang dipilih harus tanpa lemak. Hal ini juga berlaku jika kamu mengkonsumsi ikan atau makanan laut lainnya loh. Kemudian pada proses pengolahannya sangat disarankan untuk di panggang, di rebus, di bakar atau di kukus.

Baca Juga:Agar Diet Karbo Tak Berdampak Negatif, Perhatikan Hal Berikut Ini

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu makanan yang perlu dan baik di konsumsi oleh para pejuang asam lambung. Jenis sayur seperti brokoli, kentang, selada, kembang kol, asparagus, buncis, dan timun ini memiliki kandungan yang dapat menurunkan asam lambung dan menyehatkan sistem pencernaan. Jadi bagi kamu pejuang asam lambung tetapi tidak menyukai sayuran, boleh dicoba untuk mulai jatuh cinta dengan sayur-mayur ya.

  1. Pisang

Siapa yang tak suka dan cinta dengan buah berwarna kuning panjang ini? Dalam sebuah pisang ini mengandung sekitar 5,6 pH yang baik di konsumsi oleh para pejuang asam lambung loh. Bukan hanya si kuning panjang ini saja, apel, pir hingga melon juga baik di konsumsi oleh para pejuang asam lambung.

  1. Jahe

Umumnya jahe di konsumsi sebagai minuman hangat dan menyehatkan maupun sebagai bumbu dapur masakan. Namun kali ini Jahe berfungsi dan kaya manfaat bagi para pejuang asam lambung loh. Jahe dapat mencegah naiknya asam lambung bagi para pejuang dan juga dapat membantu memperlancar pencernaan. Selain itu, Jahe juga bisa menjadi salah satu obat untuk penyakit asam lambung atau maag.

Baca Juga:Ngeri!! Ini Dia Tanda Bahwa Anda Butuh Liburan

  1. Lidah buaya

Kali ini fungsi dari lidah buaya bukan sebagai masker atau pelembab wajah cantik kamu saja. Lidah buaya memiliki peran penting sebagai salah satu penyembuh alami untuk asam lambung. Penggunaannya bisa di minum secara langsung atau menjadi salah satu bahan pengental makanan untuk di konsumsi.

Selain mencegah naiknya asam lambung dengan mengkonsumsi makanan sehat, para pejuang asam lambung juga perlu memperhatikan kesehatannya sendiri dengan tidak melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Bagi para perokok aktif, biasakan untuk mulai menguranginya jika kamu tidak ingin asam lambung naik seketika.

Pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, tidur dan istirahat cukup juga sangat membantu keseimbangan asam lambung. Biasakan diri untuk mulai mencintai tubuh dan kesehatan kamu sejak dini ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here