Band rock asal Inggris, Led Zeppelin terbentuk pada September 1968, yang bubar karena sang drummer, John Bonham, meninggal. Led Zeppelin terdiri dari Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones, dan John Bonham.

Dengan musiknya yang menonjolkan suara gitar yang keras dan berat, Led Zeppelin dianggap sebagai salah satu band heavy metal yang pertama. Sebagian besar lagu-lagu mereka merupakan interpretasi musik blues dan folk yang diberi nuansa rock.

Tepat di tanggal 12 Januari 2020 kemarin, merupakan hari di mana 51 tahun yang lalu Led Zeppelin merilis album pertama mereka yang bertajuk Led Zeppelin dan rilis di pasaran pada 12 Januari 1969 silam.

Album Pertama Led Zeppelin di Tahun 1969.

Album pertama Led Zeppelin tersebut bisa dibilang mampu mengantar Led Zeppelin menuju kesuksesan hingga mampu menempati peringkat ke-6 di Inggris dan peringkat ke-10 di Amerika Serikat. Merilis album pertama yang bertajuk sama dengan nama bandnya, Led Zeppelin merekam album pertama mereka di Olympic Studios di London, Inggris.

Led Zeppelin tetap disanjung oleh para penggemar musik berkat pencapaian artistik, kesuksesan komersial, dan pengaruhnya yang luas di kalangan musikus rock. Hingga saat ini album Led Zeppelin telah laku lebih dari 300 juta keping, di antaranya 109,5 juta keping laku di Amerika Serikat.

Led Zeppelin juga menjadi satu-satunya grup musik yang berhasil menempatkan semua album ke dalam urutan Top 10 tangga album Billboard. Selain itu, Led Zeppelin menempati urutan nomor satu dalam Daftar 100 Artis Hard Rock Terbesar. Eksistensinya memang tak bisa diragukan, ya!.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here