Bagi penggemar musik, terutama musik rock sudah pasti mengenal nama Jimi Hendrix, yang namanya melekat sebagai salah satu gitaris legendaris dunia dengan cara bermain gitarnya yang khas.

Lahir di Seattle, California, AS pada 27 November 1942 dengan nama asli Johnny Allen Hendrix. Tetapi, oleh kedua orang tua Jimi, namanya diganti jadi James Marshall Hendrix, atau yang lebih dikenal dengan nama Jimi Hendrix.

Jimi Hendrix mulai berkenal dengan dunia musik saat dirinya diberikan sebuah gitar akustik sebagai hadiah ulang tahun ke 12 tahun oleh Ayahnya. Jimi kecil sangat senang mendapati sebuah gitar, rasa sedih hati Jimi karena Ibunya yang sudah meninggal perlahan sirna berkat Ayahnya yang sudah melihat bakat Jimi sejak dirinya senang berlagak seperti Chuck Berry sedang bermain gitar dengan sebuah sapu.

Selang 3 bulan, Ayah Jimi memberikannya gitar listrik yang membuat eksplorasi musik Jimi Hendrix menjadi semakin matang. Sempat pula Jimi Hendrix merubah susunan senar pada gitar karena Ia kidal, dan memainkan gitar menggunakan tangan kirinya. Kemudian dengan gitar tersebut Jimi Hendrix membentuk band pertamanya yaitu Velvetone.

Jimi Hendrix and His Guitar.

Sepanjang waktu remaja itu Jimi Hendrix terus berlatih memainkan gitar. Meski kidal, Jimi Hendrix justru malah memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri ketika sedang memainkan gitar di atas panggung. Sepanjang perjalanan karir bermusiknya, Jimi kerap kali berganti-ganti grup band. Ia juga sering menjadi pemain pengganti untuk sejumlah band yang tampil di club.

Ia pun mendapat pengalaman bermusik dalam berbagai aliran, mulai dari rock, R&B, hingga blues. Jimi Hendrix juga sering berpindah-pindah demi mengejar karir bermusiknya. Hingga pada tahun 1964 Jimi diajak bergabung dengan grup pendukung dari kelompok musik Isley Brothers.

Meskipun masa ketenarannya hanya berjalan selama empat tahun saja, tetapi nama Jimi Hendrix telah menjadi salah satu gitaris legendaris yang berpengaruh dalam sejarah musik populer. Dan meskipun Ia wafat di usia muda 27 tahun, namun namanya masih melegenda hingga saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here