Klasifikasi mobil kuno dapat dibagi dalam beberapa jenis, seperti antik, vintage, dan retro, sesuai pada tahun berapa mobil tersebut di produksi. Di Indonesia sendiri, ada lho salah satu tokoh yang suka mengoleksi mobil-mobil antik dari berbagai tahun. Bahkan, beliau juga memiliki mobil yang pernah dipakai presiden lho!

Beliau adalah Jimmy Syamsudin, seorang kolektor mobil antik yang pertama kali memulai mengoleksi mobil tahun 1995 saat beliau masih kuliah tepatnya di usia 20-an. Pada awalnya, ada mobil jenis Mercy 220 yang beliau adopsi sebagai anggota pertama mobil-mobil antik di rumahnya.

Mobil yang Pernah Dipakai Presiden Soekarno, Cadillac Limosin Tahun ’57

Hingga kemudian, belakangan ini beliau banyak mengoleksi mobil-mobil Amerika seperti Chevrolet, Ford, Cadillac, bahkan ada mobil yang pernah dipakai oleh Presiden Indonesia Bapak Soekarno, Soeharto, dan juga mantan Gubernur Jakarta Bapak Ali Sadikin.

Mobil yang pernah dipakai Pak Karno ada 2, yaitu tipe Cadillac Limosin Seri 75 tahun 1957 dan tahun 1964 yang merupakan mobil terakhir Pak Karno. Ada lagi mobil yang dimiliki Pak Jimmy yaitu mobil yang pernah dipakai oleh Pak Harto yang merupakan hadiah dari Mantan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy, adalah mobil pertama dan mobil kedua yang dipakai Pak Harto dengan tipe Cadillac Limosin tahun 1966 dan 1971. Sementara Mobil dinas yang pernah dipakai Bapak Ali Sadikin juga menjadi salah satu mobil antik koleksi pak Jimmy, mobil Bapak Ali Sadikin ini adalah mobil tahun 1959.

Uniknya, Pak Jimmy bisa mendapatkan mobil-mobil bersejarah yang pernah dipakai Mantan Presiden Indonesia dan Mantan Gubernur Ali Sadikin memang beliau dapatkan secara langsung dari pemiliknya. Tentu semua kolektor mengidamkan mobil tersebut, tapi hanya beliau yang berhasil memilikinya.

Sejak mengoleksi mobil antik dari tahun ’95 hingga sekarang, total mobil antik yang dimiliki Pak Jimmy sebagai koleksi jumlahnya ada 25 mobil antik.

Pak jimmy pun memiliki mobil antik yang paling tua, yaitu mobil tahun 1928 berjenis Ford A Roadster. Dan hebatnya mobil ini masih bisa berjalan dan beberapa kali sering dipakai oleh Pak Jimmy untuk berjalan-jalan di sekitar rumah atau kantornya. Kini, Pak Jimmy sedang merakit mobil antik Chevrolet tahun 1957.

Mobil Antik Ford A Roadster Tahun 1928.

Tips ketika ingin memelihara mobil antik menurut pak Jimmy sebagai salah satu kolektor mobil antik di Indonesia adalah “Yang pertama kalau mau main mobil tua harus ngerti dulu, karena bangun mobil tua itu kan nggak gampang. Dan nggak semua mobil tua ada nilainya, tapi begitu kita rawat mobil tua ini akan jadi bernilai. Harus sabar juga karena spare parts mobil antik kebanyakan di jual di luar negeri dan butuh waktu untuk mendapatkannya.”

Menelisik kembali ke belakang, Pak Jimmy mulai mengoleksi mobil antik sejak dirinya suka merakit ulang mobil yang nyaris akan jadi sampah karena rusak dan dirakit ulang sedemikian rupa hingga jadi seperti berlian baru yang berkilau. Dan bisa menjadi sebuah mobil antik unik yang dapat dipakai touring Jakarta – Bali, atau bahkan Jakarta – Aceh. “Tapi nggak semua mobil saya rakit ulang, hanya mobil-mobil yang berkelas kayak mobil dua pintu, open cab, dan limosin.” Ujar Pak Jimmy kepada tim kabarsidia.com.

Beberapa dari mobil antik yang dimiliki Pak Jimmy pernah di ikut sertakan dalam berbagai perlombaan otomotif dan selalu keluar sebagai pemenang. Banyak pula piala dan penghargaan yang didapat oleh mobil-mobil antik yang dimilikinya.

Menurutnya, bangun mobil yang benar itu adalah “Kalau dipakai nggak mogok, dan kalau di lombain harus menang” begitu kelakarnya.

Kini Pak Jimmy pun masih aktif dalam keanggotaan komunitas mobil PPMKI (Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia). Dan masih terus mendalami hobinya dalam mengoleksi mobil antik dari tahun antic, vintage, maupun retro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here