Kegiatan berenang merupakan salah satu kegiatan sekaligus olahraga yang mengasikan. Olahraga air ini satu-satunya jenis olahraga tanpa mengeluarkan keringat. Dengan berenang, tubuh kita akan dipaksa gerak dan melawan arus di dalam air. Akan tetapi kerap kali berenang menimbulkan beberapa penyakit, salah satunya gangguan pendengaran. Berikut ini adalah jurus jitu untuk mencegah rasa sakit yang timbul pada telinga akibar berenang.

Baca juga : Menurut Para Ilmuan Karaoke malam baik buat kesehatan

Berenang tidak menutup kemungkinan telinga kita tidak akan kemasukan air. Air yang masuk ke dalam telinga jika kita diamkan dapat menimbulkan bahaya, dan memungkinkan tumbuhnya jamur dan bakteri. Jamur dan bakteri inilah yang menyebabkan telinga menjadi infeksi atau biasa dikenal dengan swimmer’s ear.

Penyebab timbulnya infeksi pada telinga ini biasanya diebabkan oleh adanya bakteri Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa. Tanda-tanda sebelum infeksi tersebut terjadi biasanya telinga akan berubah warna menjadi merah, saluran telinga terasa gatal, keluar cairan bening yang tidak berbau dari telinga, timbul rasa tidak nyaman pada bagian daun telinga, dan telinga terasa penuh.

Jika sudah terkena infeksi, biasanya para dokter akan memberikan obat tetes telinga untuk mencegah dan mengurangi rasa sakit pada telinga. Namun Anda dapat mencegah terjadinya hal tersebut dengan beberapa cara. Berikut ini adalah jurus jitu untuk mencegah timbulnya sakit telinga pada saat berenang, check this out!.

  1. Jaga Kebersihan Telinga Bagian Dalam

Menjaga kebersihan telinga merupakan salah satu cara untuk terhindar dari timbulnya bakteri. Kotoran telinga kerap kali mengganggu dan dapat dengan mudah menumbuhkan bakteri. Rajin-rajinlah Anda membersihkan telinga bagian dalam untuk mencegah timbulnya jamur dan bakteri. Namun perlu diwaspadai juga cara membersikan telinga tersebut, misalnya dengan menggunakan obat tetes telinga, minyak mineral, maupun larutan garam.

  1. Menggunakan Penyumbat Telinga Saat Berenang

Untuk mencegah masuknya air ke dalam telinga, biasanya para perenang menggunakan alat penyumbat telinga atau ear plug. Hal ini sedikitnya membantu Anda tercegah dari kemasukan air dengan jumlah yang banyak ke dalam telinga. Memang, akan timbul rasa tidak nyaman ketika pertama kali menggunakannya, namun taka ada salahnya Anda mencegah dari pada mengobati.

  1. Keringkan Telinga Setelah Berenang Maupun Mandi

Hal paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit telinga dengan cara menjaga telinga Anda, salah satunya dengan mengeringkan telinga baik setelah berenang maupun setelah mandi. Cara ini dianggap paling mudah dilakukan, karena Anda cukup memiringkan kepala Anda agar air di dalam telinga dapat keluar dengan sendirinya.

  1. Jaga dan Rawat Kulit Telinga

Menjaga dan merawat kulit telinga kerap kali diabaikan oleh sebagian orang. Padahal kulit telinga juga menjadi peran penting, dan dapat menimbulkan infeksi jika tidak di jaga dan di rawat. Kulit telinga yang kering atau bahkan pecah-pecah dapat menimbulkan pertumbuhan bakteri dan jamur lebih cepat loh. Untuk menghindari hal ini terjadi, biasakan diri Anda untuk tidak menggaruk telinga terlalu kuat, jangan pernah memasukan benda apapun ke dalam telinga, dan hindari penggunaan hairspray atau bahan-bahan yang mengandung kimia.

Baca juga : Bawang Merah baik buat kesehatan

Jadi, bagi Anda yang gemar berenang maupun menyelam perlahan cobalah jurus jitu diatas yang sudah diinfokan ya. Tak ada salahnya mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik mencegah lebih baik mengobati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here