Innalillahi wa innailaihi rojiun…. Kemarin, tepatnya pada 22 Mei 2019 pukul 23:20 Waktu Penang, Ustadz Arifin Ilham meninggal dunia. Kabar wafatnya pengasuh Pondok Pesantren Az-Zikra tersebut disampaikan oleh Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym melalui pesan singkat. Ustadz Arifin Ilham meninggal pada usia 49 tahun.

“Innaalillahi wainnaa ilaihi roji’uun. Telah wafat guru, sahabat kita, Ustad Arifin Ilham,” kata Aa Gym dalam pesan singkat pukul 22.50 WIB, Rabu (22/5/2019). “Semoga beliau berbahagia berjumpa dengan Alloh yang amat dicintai dan dirindukannya. Selamat jalan wahai mujahid Allohummaghfirlahuu Warhamhuu Wa’afiih Wa’fuanhuu,” kata Aa Gym.

Karangan bunga memenuhi pelataran rumah ustadz Arifin Ilham, banyak dari kolega dan tokoh-tokoh penting yang memberikan ungkapan bela sungkawa. Sebelumnya, Ustadz Arifin Ilham menjalani perawatan intensif di Penang, Malaysia karena penyakit kanker kelenjar getah bening.

Setelah dinyatakan sembuh, beliau pun kembali ke Indonesia dan menjalani aktivitasnya seperti biasa. Namun kesehatannya kembali menurun dan beliau pun kembali menjalani perawatan di Malaysia. Saat itu, meski pun sedang dalam kondisi sakit, ustadz Arifin Ilham masih mengajari anaknya membaca Al-Qur’an.

Setelah hampir satu hari dilarikan ke ruang ICU, terhitung Selasa (21/5/2019) malam, Ustaz Arifin Ilham akhirnya berhasil melewati masa kritis. Kondisi kesehatannnya saat itu sudah berangsur stabil tetapi kondisi beliau masih dalam keadaan tidak sadar karena masih dalam pengaruh obat bius. Akan tetapi belau menghembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 22:50 WIB.

Rencananya, jenazah ustadz Arifin Ilham akan dimakamkan di Pesantren Azzikra, Gunung Sindur, Bogor. Namun belum disebutkan kapan jenazah ustadz kondang itu dibawa ke Tanah Air dari Malaysia. Selamat jalan Ustadz Arifin Ilham….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here