Street food alias makanan pinggir jalan memang selalu memiliki kelezatan tersendiri. Meskipun dijajakan di pinggir jalan, yang mana banyak sekali debu dan kotoran yang berlalu lalang melalui udara tapi tetap saja makanan pinggir jalan selalu menarik untuk dicicipi. Seolah tidak peduli dengan kebersihan makanan yang dijual, kelezatan makanan pinggir jalan sudah mampu membuat orang lupa akan kebersihannya. Padahal bisa saja kemungkinan sakit perut bisa dialami oleh mereka yang suka jajan makanan pinggir jalan.

Baca juga: Warung Apjay Panglima Polim, Kuliner Lezat dan Pusat Kongkow Legendaris

Makanan pinggir jalan atau yang biasa juga disebut dengan makanan Amigos (Agak Minggir Got Sedikit) memiliki harga yang sangat ramah di kantong. Sangat berbeda dengan harga makanan-makanan di restoran ataupun di tempat lain, karena harganya yang murah dan kelezatan rasa menjadikan makanan kaki lima ini selalu jadi idola bagi para pecintanya.

Lantas, apa sajakah makanan-makanan pinggir jalan yang selalu menarik untuk dicicipi? Berikut ulasannya;

  1. Mie Ayam Gerobak.

Banyak yang setuju kalau mie ayam yang dijual dengan gerobak di pinggir jalan adalah mie ayam yang paling enak dibanding dengan mie ayam yang dijual di toko-toko atau di kios-kios. Entah apa yang membedakan rasa mie ayam kaki lima dengan mie ayam di toko atau di kios. Mie ayam gerobak termasuk ke dalam jajanan kaki lima yang berdagangnya di pinggir-pinggir jalan. Biasanya di pinggir jalan dekat kali atau dekat saluran pembuangan air (got kecil).

Eits! Jangan jijik dulu, karena mie ayam gerobak seperti itu memiliki cita rasa yang nikmat dan mampu membuat Anda lupa dengan lokasi berjualannya. Seperti tukang mie ayam gerobak di Jalan Minangkabau, Jakarta Selatan. Di jual di pinggir jalan, dekat kali, dan dekat saluran pembuangan air mie ayam gerobak Minangkabau masih selalu ramai dikunjungi mulai dari pejalan kaki hingga orang-orang bermobil. Ini membuktikan bahwa tempat yang kita pikir kotor tidak menjadi halangan untuk tidak membeli mie ayam gerobak.

  1. Bakso Kampung.

Selain mie ayam gerobak yang di jual pedagang kaki lima di pinggir jalan, ada pula sahabatnya mie ayam yaitu bakso. Bakso adalah makanan yang cocok sekali disantap ketika udara dingin ataupun panas, ketika disantap dalam cuaca panas Anda wajib menambahkan sambal agar segarnya cabai membuat siang hari Anda menjadi riang. Bakso kampung juga di jual keliling ataupun mangkal menggunakan gerobak. Biasanya abang bakso kampung di jual dipinggir jalan perkampungan yang tak jarang juga terdapat saluran pembuangan air disana. Tetapi cita rasa bakso kampung seolah tidak dapat tergantikan oleh cita rasa bakso yang ada di kios-kios.

  1. Nasi Goreng.

Siapa bilang nasi goreng bukan makanan yang pinggir jalan yang tak patut untuk diicip? Justru nasi goreng yang dijual menggunakan gerobak dipinggir-pinggir jalan menjadi nasi goreng yang paling favorit. Sama seperti mie ayam gerobak dan bakso kampung yang dijual dipinggiran jalan, nasi goreng kaki lima juga memberikan cita rasa yang jauh lebih membahana ketika masuk ke dalam mulut, dibandingkan dengan nasi goreng gaul yang dijual di dalam mall-mall atau pusat perbelanjaan.

Nah, dari tiga makanan kaki lima di atas yang dijual di pinggir jalan, mana yang paling menjadi favorit Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here