Berlakunya PSBB transisi membuat kegiatan masyarakat kembali di longgarkan. Kebijakan ini menimbulkan beberapa pembiasaan baru yang harus dijalani, salah satu yang begitu berdampak adalah konser musik. Kini bermunculan rencana untuk menggelar konser dengan konsep drive-in untuk mencegah penyebaran Covid-19. Tak sekedar wacana, gelaran konser drive-in akan segera terlaksana lantaran Pemprov DKI Jakarta telah memberikan izin untuk kegiatan pertunjukan dan konser luar ruang dengan konsep tersebut.

Jakarta dalam waktu dekat akan kembali diramaikan dengan gelaran konser musik. Hal ini tampak semakin dekat setelah Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta melalui Surat Keputusan Nomor 140 Tahun 2020 telah mengizinkan terselenggaranya kegiatan pertunjukkan dan konser di luar ruangan selama masa PSBB transisi.

Perizinan untuk menggelar konser secara drive-in telah berlaku sejak 6 Juli 2020 hingga 16 Juli 2020. Dengan keputusan ini, penonton konser diwajibkan untuk berada dalam mobil ketika meyaksikan konser. Selain itu, peraturan tersebut juga mewajibkan untuk memberlakukan protokol kesehatan yang berlaku baik pengunjung maupun penyelenggara.

SK yang diterbitkan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu juga menghimbau penonton untuk konser menjaga jarak antar kendaraan hingga aturan menghidupkan dan menyalakan mobil sesuai arahan dan penyelenggara. Untuk penjualan tiket juga disarankan online atau non-tunai.

Perizinan untuk menggelar konser juga melanjutkan pelonggaran di industri hiburan Ibu Kota. Setelah pemerintah juga memperbolehkan bioskop untuk beroperasi secara serentak mulai 29 Juli 2020 mendatang.

Perihal konser drive-in sendiri sebenarnya telah dirancang oleh Berlian Entertainment. Promotor beberapa konser di tanah air itu telah mengumumkan bila penyelenggaraan drive-in concert akan berlangsung pada bulan Agustus mendatang.

Perhelatan konser tersebut dijanjikan akan mendatangkan banyak penampil. Salah satu penampil yang telah dikonfirmasi adalah band legendaris Kahitna yang akan merayakan ulang tahun ke 34 pada tahun ini.

“sampai bulan Desember nanti, Berlian Entertainmen ada beberapa plan acara yang mau dijalankan. Ada knser 34 tahun Kahitna, Halloween Fest, dan beberapa konser lainnya. Jadi nantinya konser-konser tersebut akan dipindahkan semua ke Drive-in concert, “ ujar Dino Hamid, dikutip dari Kumparan pada bulan Mei lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here