Karet gelang, merupakan benda kecil yang berasal dari getah pohon karet, yang kemudian diolah hingga membentuk lingkaran kecil. Fungsi utama dari karet gelang adalah untuk mengikat sesuatu, misalnya untuk mengikat bungkus nasi uduk.

Baca juga: Berburu Huruf ‘N’ Yang Tak Kunjung Muncul di Permen Karet YOSAN

Kerap kali kegunaan dari karet gelang setelah dijadikan pengikat terabaikan begitu saja. Namun, tidak bagi generasi 90-an yang memanfaatkan karet gelang untuk hal-hal yang bermanfaat. Salah satunya digunakan untuk bermain lompat karet.

Permainan lompat karet yang menggunakan karet gelang ini memang sangat populer bagi generasi 90-an. Biasanya permainan ini dilakukan oleh anak-anak yang duduk dibangku sekolah dasar. Tak jarang demi bermain lompat karet ini, para pelajar rela menyusun dan mengaitkan satu per satu karet gelang agar bisa tersusun hingga batas panjang sesuai keinginan.

Selain bermanfaat dan berfungsi sebagai pengikat, karet gelang juga memiliki sejuta fungsi lainnya yang kerap kali digunakan di kehidupan sehari-hari loh. Pada ulasan dibawah ini, mungkin akan membangkitkan kembali memori Kamu bersama dengan karet gelang. Langsung saja yuk simak sejuta fungsi karet gelang bagi kehidupan sehari-hari, check this out!

  1. Generasi 90-an memang tidak bisa terlepas dari fungsi karet gelang sebagai penghapus dikala kepepet. Saat duduk dibangku sekolah, karet gelang sangat bermanfaat dan sering di aplikasikan sebagai penghapus, yang dililitkan pada bagian ujung pensil. Jika karet gelang sudah nampak hitam dan kotor, kita secara otomatis menggantinya tanpa perlu membeli penghapus pada umumnya. Pernah mengalami masa-masa unik ini bersama karet gelang?
  2. Bagi sebuah keluarga, peran dari karet gelang dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak manfaat dan kegunaannya. Salah satunya sebagai pengikat dikala remot tv mulai rusak atau terlepas dari sisi satu dan sisi lainnya. Hal ini dilakukan ketika di rumah tidak tersedia lakban atau lem perekat lainnya yang bisa menyatukan remot tv tersebut. Muncul lah si benda kecil sebagai penyelamat dari fungsi remot tv ini.
  3. Si mungil karet gelang ini juga bisa bermanfaat sebagai pengganti kunci lemari yang hilang loh. Biasanya ukuran kunci yang kecil ini kerap kali hilang atau tertinggal, sehingga memanfaatkan karet gelang menjadi salah satu jalan keluar untuk mengunci lemari.
  4. Bagi Anda yang berkaca mata dan sering kali mengalami kelonggaran saat menggunakan kaca mata, Anda bisa memanfaatkan karet gelang yang dikaitkan pada bagian frame belakang kaca mata Anda. Hal ini bertujuan untuk mengencangkan kaca mata Anda, dan tidak longgar. Memang, rasanya akan sedikit tidak nyaman, tetapi demi menjaga kaca mata dari kelonggaran tidak ada salahnya menggunakan karet gelang.
  5. Lagi-lagi generasi 90-an yang memiliki kenangan indah bersama dengan karet gelang. Anda mungkin pernah mengalami kedodoran kaos kaki saat duduk di bangku sekolah. Nah salah satu cara untuk menyiasatai kedodoran kaos kaki tersebut adalah dengan pemanfaatan karet gelang. Karet gelang disembunyikan di sela-sela kaos kaki agar tidak terlihat oleh teman-teman lainnya. Ya, meskipun setelahnya pergelangan kaki Anda kan memiliki bekas dari karet gelang tersebut setelahnya, kenangan kedodoran kaos kaki ini akan menjadi kenangan terindah semasa duduk di bangku sekolah. Bukan begitu?

Bagaimana, sudah nostalgia dengan kenangan si mungil karet gelang belum? Diantara kelima fungsi karet gelang di atas, pengalaman nomor berapa yang pernah Anda lalui bersama karet gelang dahulu? Yuk coba share pengalaman konyol kamu bersama karet gelang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here