Mata panda atau kantung mata hitam memang menjadi salah satu hal yang menyebalkan jika terus hinggap di tubuh. Meski pada umumnya kantung mata atau mata panda ini terjadi seiring bertambahhnya usia, tak jarang munculnya warna hitam kantung mata juga disebabkan oleh diri kita sendiri. Salah satunya karena seringnya mengkonsumsi kafein dan tembakau, yang menyebabkan kita kesulitan untuk tidur.

Baca Juga : Hilangkan bau badan dengan bahan alami

Demi menunjang penampilan, sebisa mungkin para wanita merawat kecantikannya. Hal ini juga berlaku jika mulai munculnya mata panda di area bawah mata. Dianggap mengganggu dan mengurangi kecantikan, mata panda pun membutuhkan penanganan ekstra untuk menghilangkannya. Untuk mencoba menghilangkan kantung mata yang menyeramkan tersebut, beberapa tips dibawah ini mungkin bisa dijadikan acuan Anda untuk mencobanya di rumah.

  1. Perbaiki jam tidur Anda yang mulai kacau. Sejatinya waktu untuk tidur malam hari membutuhkan waktu kurang lebih 7 sampai 8 jam lamanya. Jika kita tidur kurang dari waktu tersebut, warna hitam dibawah kantung mata akan senantiasa menghiasi wajah Anda di keesokan harinya. Mulailah mencintai diri sendiri dengan tidur teratur dan membiasakan diri untuk istirahat dengan waktu yang cukup.
  2. Perbanyak mengkonsumsi air putih juga dapat membantu Anda terhindar dari mata panda. Asupan cairan yang Anda konsumsi selain untuk mencegah timbulnya warna hitam, juga akan membantu Anda terhindar dari dehidrasi. Pastikan Anda mengkonsumsi air putih sedikitnya 8 gelas per hari.
  3. Kompres mata dengan menggunakan lap atau kain bersih yang sudah dibasahi dengan air dingin. Anda bisa mulai mengompres mata Anda secara perlahan hingga sedikit memberikan tekanan dibagian mata Anda. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan teh hijau untuk mengompres mata Anda, demi mengurangi kantung mata berlebih.
  4. Perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau, kacang, yoghurt, dan makanan yang mengandung kalium. Kandungan kalium dapat membantu Anda mengurangi kelebihan cairan yang timbul di kantung mata.
  5. Saat ini maraknya krim mata untuk mengatasi masalah mata panda banyak beredar dan di perjual belikan. Perhatikan kandungan yang terdapat pada krim mata yang Anda pakai, jangan sampai dengan menggunakan krim tersebut justru membuat mata Anda menjadi iritasi. Pilihlah krim mata yang mengandung chamomile, arnica, maupun mentimun yang berkhasiat mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit Anda.
  6. Mualilah mengurangi atau hindari minuman beralkohol dan berkafein. Hal ini menyebabkan Anda akan sulit untuk tidur dan menganggu jam istirahat Anda. Dampak ini akan sangat terlihat pada warna hitam yang timbul akibat kurangnya waktu untuk tidur.

Secara garis besar, kantung mata hitam atau mata panda ini memang sulit untuk dihindari. Terlebih untuk para pekerja seni yang tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Jika sudah timbul warna hitam pada kantung mata Anda, segeralah untuk meluangkan waktu mengistirahatkan diri.

Baca Juga : Benarkah Kompres Es dapat meredakan memar

Tidak ada salahnya jika Anda ambil waktu untuk berlibur dari segala kepadatan pekerjaan. Hal ini juga berguna untuk memperbaiki jam tidur Anda yang mulai berantakan. Dengan membiasakan diri tidur di awal waktu, masalah mata panda akan sedikit berkurang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here