Jalan-jalan ke Purwakarta tak hanya mengunjungi panorama alam yang indah dan sejuk, biasanya orang-orang yang berkunjung ke Purwakarta sekalian ingin berwisata kuliner atau sekedar mampir ke toko oleh-oleh khas Purwakarta yang terkenal enak dan murah meriah.

Banyak orang mengenal kuliner khas dari Purwakarta adalah Sate Maranggi, tapi ternyata masih ada lagi jajanan enak dan murah meriah yang selalu dijadikan hadiah buah tangan dari orang-orang sehabis berkunjung ke Purwakarta. Adalah simping, jajanan jadul yang nggak bikin gemuk.

Simping kencur atau Cikur, adalah cemilan khas Purwakarta yang bisa dijadikan sebagai buah tangan. Cemilan ringan dan renyah terbuat dari campuran tepung tapioka, tepung terigu yang ditambah bumbu penyedap serta aneka rasa dari rempah. Membuat SImping memiliki cita rasa yang khas di lidah.

Simping mempunyai bentuk bulat, dengan lembarannya yang sangat tipis dan seperti kerupuk, biasanya Simping berwarna putih dengan rasa gurih juga renyah. Dan juga, Simping pernah berjaya di era 90-an hingga 2000-an.

Simping merupakan cemilan khas Purwakarta yang bebas kolesterol, karena pada saat proses pembuatannya dilakukan dengan cara tradisional. Adonan harus dituangkan satu persatu ke cetakan dan dipanggang di atas api sedang, sehingga sangat aman untuk di konsumsi. Meskipun panganan ini sering dikonsumsi, tetapi terjamin nggak akan bikin gemuk penikmatnya.

Dengan memiliki rasa yang khas dan murah meriah, Simping hadir dalam berbagai varian rasa di antaranya ada Simping Durian, Simping Strawberry, Simping Cokelat, Simping Nangka, Simping Keju, dan yang original adalah Simping Kencur. Untuk satu bungkus Simping dihargai sekitar Rp. 8.000,- sampai Rp. 11.000,- saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here