Mengkonsumsi telur bebek menjadi salah satu hal yang secara tidak langsung menjadi sebuah kebiasaan bagi setiap orang. Terlebih jika kita membeli seporsi martabak telur dengan bahan dasar menggunakan telur bebek. Lezat? Sudah pasti, namun tahukan Anda jika dalam sebutir telur bebek memiliki kelebihan dan kekurangan bagi tubuh?

Dalam satu butir telur bebek sedikitnya mengandung 130 kalori, 9 gr protein, 100 mg sodium, 1 gr karbohidrat, 600 mg kolesterol, 154 gr fosfor, dan juga 150 mg kalium. Dari kandungan yang terdapat dalam satu butir telur bebek ini lah bisa menjadi manfaat atau bahkan membahayakan bagi tubuh.

Jika dilihat dari kandungan yang terdapat dalam sebutir telur bebek diatas, kandungan protein dan juga kolesterol yang cukup tinggi. Kandungan protein dalam sebutir telur bebek akan sangat bermanfaat bagi tubuh, bahkan kandungan protein telur bebek jauh lebih besar dibandingkan kandungan protein dari telur ayam.

Protein berguna bagi tubuh untuk memproduksi enzim dan hormon-hormon penting bagi tubuh. Kandungan protein juga bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, seperti kulit, tulang, otot dan darah. Selain itu, telur bebek juga dapat mengenyangkan perut.

Selain kandungan protein yang bermanfaat bagi tubuh, kandungan lainnya yang bisa ditemukan dalam sebutir telur bebek ialah kekayaan akan kandungan kalori. Kandungan kalori sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai sumber tenaga dan kekuatan.

Bukan hanya manfaat dan kebaikan saja yang bisa ditemukan dalam sebutir telur bebek. Kekurangan yang bisa ditemui dalam sebutir telur bebek juga cukup beresiko bagi tubuh. Seperti yang sudah digambarkan secara singkat diatas, bahwa telur bebek mengandung kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam.

Kandungan kolesterol yang cukup tinggi inilah yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kolesterol tinggi akan menyebabkan penimbunan lemak. Banyaknya lemak itulah yang nantinya akan menyebabkan penyempitan arteri yang berakibat aliran darah ke jantung, otak, dan seluruh tubuh terganggu.

Penyumbatan yang disebabkan oleh kandungan telur bebek ini juga nantinya dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah stroke dan serangan jantung. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi telur bebek. Boleh saja mengkonsumsi telur bebek, hanya saja dalam porsi tertentu yang tidak berlebihan.

Ingat, kelebihan dan kekurangan dari sebutir telur bebek dapat menimbulkan sesuatu bagi tubuh Anda. Ada baiknya jika ingin mengkonsumsi telur bebek tidak dalam porsi yang berlebihan. Tidak ingin kan berat badan naik dan kolestrol melonjak?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here