Kalau kita susah bersin, secara langsung pasti kita refleks menengadahkan kepala ke arah cahaya terang, seperti sinar matahari atau sinar lampu. Setelahnya, perlahan pasti kita bisa langsung bersin. Suka kepikiran nggak kenapa ya bisa seperti itu?

Sebagian orang saat melihat cahaya terang akan menyipitkan mata atau berusaha menutupi mata dengan tangan. Dan bersin-bersin juga bisa disebabkan karena melihat ke arah cahaya terang tersebut, ternyata melihat cahaya terang tidak hanya memengaruhi mata. Ada organ lain yang juga akan bereaksi, salah satunya hidung.

Meski banyak teori yang menjelaskan alasan seseorang bisa langsung bersin saat melihat cahaya terang, dipercaya jika hal ini disebabkan oleh perubahan intensitas cahaya. Ketika cahaya yang diterima mata terlalu banyak, sinyal saraf di otak jadi mengalami kebingungan.

Mengapa Seseorang Bisa Bersin Saat Melihat Cahaya Terang?

Seperti dikutip dari perkataan Dr. Benjamin Bleier, seorang ahli bedah sinus sekaligus pengajar di Massachusetts Eye and Ear Infirmary, ketika mata terpapar cahaya silau, sistem saraf parasimpatik memerintahkan pupil mengerut untuk melindungi mata dari kerusakan ringan. Efek ini secara tidak langsung mengaktifkan respons tubuh, salah satunya bersin yang mengendalikan sekresi lendir.

Jadi, itulah mengapa ketika seseorang susah bersin akan langsung mencari cahaya terang agar rasa gatal di hidung bisa hilang karena berhasil bersin. Hal ini sering terjadi terutama saat seseorang sedang mengalami flu berat dengan kondisi hidung yang tersumbat dan membutuhkan bersin untuk membuat hidung terasa lebih lancar saat bernapas. Apakah kamu juga sering melakukan hal ini kalau lagi susah bersin?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here