Munculnya uban identik dengan seseorang yang sudah berusia lanjut, karena faktor umur biasanya uban akan cepat muncul. Tetapi, saat ini ada beberapa orang yang masih berusia muda tetapi sudah muncul uban dirambutnya. Kenapa ya?

Biasanya uban yang muncul diusia muda disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini;

  1. Kebiasaan Merokok.

Merokok tidak hanya berdampak negatif bagi kesehatan tubuh, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Saat merokok, racun radikal bebas bisa leluasa dengan sengaja masuk ke dalam tubuh. Racun-racun inilah yang akan menurunkan produksi melanin pada rambut dan membuat uban menjadi lebih cepat muncul.

  1. Hormon Tidak Seimbang.

Ketidakseimbangan hormon juga dapat mengganggu produksi melanin sehingga uban akan lebih cepat muncul pada rambut seseorang yang masih berusia muda. Hormon yang tidak seimbang bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti gangguan tiroid, hamil, dan lain sebagainya.

  1. Pengaruh Genetik.

Faktor genetik bisa menjadi penyebab timbulnya uban di usia 20an. Jika mengalami hal ini, ada baiknya untuk bertanya mengenai riwayat didalam keluarga. Jika telah mengetahui kondisi ini sejak dini, kamu bisa melakukan berbagai macam perawatan serta pencegahan untuk mencegah banyaknya uban yang muncul di usia 20an.

  1. Kekurangan Asam Folat.

Selain penting untuk kesehatan tubuh, Asam Folat juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut. Karena, Asam Folat mampu memicu pertumbuhan rambut dengan optimal. Jika rambut kekurangan Asam Folat, maka pertumbuhan rambut akan terhambat dan uban jadi lebih mudah muncul.

  1. Faktor Psikologis.

Biasanya faktor psikologis sangat erat hubungannya dengan rasa stres, khawatir, sedih, serta gelisah yang kamu alami. Segala bentuk gangguan batin tersebut dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin dan menyebabkan uban lebih cepat muncul meski usia masih terbilang sangat muda.

Jika sudah mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab munculnya uban diusia dini, kamu juga wajib mengetahui bagaimana cara mencegah rambut beruban pada usia muda. Yuk scroll terus ke bawah!

  1. Penuhi Nutrisi Untuk Rambut.

Kekurangan nutrisi dapat menimbulkan uban dirambut meskipun usia masih muda. Maka dari itu, para ahli sepakat bahwa untuk mencegah uban di usia muda, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, vitamin B9, tembaga, dan zink. Semua mineral dan vitamin itu bisa dengan mudah kamu dapatkan dari telur, ikan, bayam, asparagus, sawi hijau, tiram, kerang, daging sapi, kacang mete, kacang hazelnut, dan almond.

2. Berhenti Merokok.

Merokok diketahui dapat menyebabkan penuaan dini pada tubuh, termasuk juga pada rambut. Kebiasaan merokok jangka panjang bisa menyebabkan pigmen pada rambut menghilang. Jadi, sebaiknya berusahalah sekuat tenaga untuk menghilangkan kebiasaan merokok.

3. Mengelola Stres Dengan Baik.

Menurut penelitian, stress jangka panjang sekitar dua sampai tiga tahun bisa membuat rambut lebih cepat beruban. Karena stress juga bisa membuat rambut menjadi mudah rontok dan mempercepat proses berubahnya warna rambut menjadi keabuan. Oleh karena itu, penting sekali untuk kamu mengelola stress dengan baik. Jangan sampai stress membuat tampilanmu menjadi tidak kece lagi.

4. Rutin Cek Kesehatan.

Umumnya uban disebabkan oleh faktor genetik, kekurangan nutrisi yang penting bagi rambut, dan kebiasaan merokok. Namun, beberapa penyakit seperti vitiligo, yaitu gangguan autoimun yang menyebabkan sel-sel melanosit yang memberi warna warna pada rambut menghilang, dan hipertiroidisme (gangguan tiroid) yang bisa mengubah folikel rambut manusia sehingga rambut menjadi kusam, kering, dan rentan berubah menjadi putih.

Bila kamu mengalami salah satu penyakit ini, maka kamu harus melakukan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Mengecek kesehatan secara rutin bisa mendeteksi penyakit lebih cepat sehingga pengobatan yang akan dilakukan juga akan lebih mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here