Telah diketahui bahwa bawang merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, rajin mengkonsumsi bawang merah dapat membantu untuk menangkal berbagai macam penyakit dan infeksi. Sebuah studi menunjukkan kalau bawang merah sangat ampuh digunakan untuk semua jenis penyakit, jika kamu mencari pengobatan yang terbaik bawang merah bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Penuh Khasiat! Begini Cara Makan Bawang Putih Mentah Agar Terasa Lebih Nikmat

Bawang merah dapat membantu melawan pertumbuhan berbagai jenis tumor, dan juga dapat membantu meningkatkan fungsi hormon serta kekebalan tubuh. Jika kamu rutin mengkonsumsi bawang merah dapat membantu untuk melindungi saraf dan sistem kardiovaskular. Tak hanya itu saja, khasiat bawang merah bagi kesehatan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit di bawah ini;

  1. Sakit Telinga

Bawang merah memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, dan dapat membantu untuk meringankan rasa sakit pada telinga. Jika kamu sedang sakit telinga, maka cara yang paling efektif untuk menyembuhkannya adalah dengan menempelkan satu iris bawang merah di lubang telinga. Satu irisan bawang yang ditempelkan pada lubang telinga bisa membantu untuk melunakkan kotoran di telinga, sehingga telinga lebih mudah dibersihkan.

  1. Mengurangi Demam

Bawang merah juga terkenal sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan demam. Caranya, ambil beberapa potong kentang, cincang kentang bersama dengan dua butir bawang merah dan dua butir bawang putih sampai halus. Kemudian, oleskan pada telapak kaki dan langsung gunakan kaus kaki. Kamu juga dapat menempelkan atau mengompres dahi dengan kain yang direndam dalam cuka sari apel. Ini dapat segera membantu untuk menurunkan demam dan mendinginkan suhu tubuh kamu.

  1. Mengatasi Iritasi Mata

Ini adalah salah satu penggunaan yang tidak biasa dari bawang merah. Jika kamu mengalami iritasi pada mata, kamu dapat menempelkan satu iris bawang merah pada mata tetapi dengan catatan mata harus dalam keadaan terpejam, agar air mata dapat mengalir. Hal ini akan dapat membantu untuk meringankan iritasi mata. Dan harus dipastikan kamu tidak boleh menggosok mata ketika memakai bawang merah karena akan memperburuk kondisi mata yang sedang iritasi.

  1. Batuk

Sembuhkanlah batuk kamu dengan obat sederhana ini. Buatlah campuran minuman dari madu dan jus bawang merah. Madu dapat meringankan batuk dan bawang merah memiliki sifat antibiotik yang kuat dan dapat membantu untuk melawan bakteri penyebab batuk.

  1. Menyembuhkan Luka Bakar

Jangan panik! Kalau kamu mengalami luka bakar segera tempelkan irisan bawang merah pada daerah yang terkena luka bakar. Ini dapat langsung menyembuhkan luka bakar serta tidak akan meninggalkan bekas.

  1. Menyebuhkan Luka Sayatan

Gunakan sepotong bawang merah pada luka sayatan untuk menutupi luka. Luka yang ditutup menggunakan bawang merah dapat tercegah dari infeksi. Selain itu, bawang merah juga dapat menghentikan pendarahan, sehingga luka bisa  dibersihkan dengan mudah.

  1. Sengatan Serangga

Apabila kamu disengat lebah atau tawon, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat jus bawang merah untuk menutupi luka sengatan. Jus bawang merah dapat membantu untuk mengurangi pembengkakan dan mencegah reaksi alergi.

  1. Kulit dan Rambut

Tidak hanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan saja, bawang merah juga berguna untuk kecantikan. Karena bawang merah dapat membantu dan meningkatkan struktur kulit serta rambut agar lebih sehat. Caranya pun sangat sederhana, cukup oleskan sedikit jus bawang merah pada kulit dan rambut, untuk mendapatkan kesehatan kulit dan rambut yang optimal.

  1. Melancarkan Pencernaan

Bawang merah juga bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan. Jika kamu memiliki masalah pencernaan, maka mengonsumsi bawang merah dapat menyembuhkan pencernaan dan menyehatkan sistem metabolisme tubuhmu.

  1. Meningkatkan Insulin

Bawang merah dapat membantu meningkatkan hormon insulin dalam tubuh . Selain itu, bawang merah juga bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula dalam darah, sehingga Dapat merunkan tingkat diabetes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here