Ketika berkunjung ke daerah Jawa Barat, ada satu primadona kuliner yang tak pernah terlewatkan oleh para pendatang. Namanya Kicimpring, makanan khas dari Jawa Barat ini bentuknya seperti keripik, pipih, dan garing ketika dimakan.

Kicimpring terbuat dari singkong yang diproses melalui beberapa tahapan seperti pemarutan singkong, pencampuran dengan bumbu-bumbu alami, pengukusan, lalu pengeringan yang dilakukan dengan dijemur di bawah sinar matahari.

Kicimpring yang Sedang Dijemur.

Makanan yang satu ini menjadi salah satu buah tangan khas Jawa Barat yang banyak disukai, khususnya oleh orang-orang yang berdarah Sunda. Tapi, tak sedikit juga keturunan yang bukan berdarah Sunda menyukai kicimpring yang jelas sangat nikmat jika disantap sebagai teman makan bakso dengan kuah pedas atau mie ayam sebagai pengganti kerupuk, atau langsung dimakan juga tak kalah nikmatnya.

Kicimpring yang Sudah Digoreng Hingga Matang.

Banyak cara untuk menikmati kicimpring, bisa dengan cocolan saus sambal, taburan kecap manis di atas kecimpring, dan lain-lain sesuai selera. Sekarang ini, kicimpring memang sudah jarang ditemukan di Jakarta, kamu bisa menemukannya ketika sedang berkunjung ke daerah Jawa Barat. Karena di sana banyak pembuat kicimpring, banyak juga yang menyebut kalau sentra pembuatan kicimpring sebagai ‘Kampung Kecimpring’.

Salah satu sentra penjualan kicimpring ada di Daerah Pasteur, Bandung. Untuk 1 Kg kicimpring di jual dengan harga Rp 20.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here