Siapa yang tak kenal celana jeans Levi’s? Dari anak muda sampai orang tua, laki-laki atau perempuan pasti tahu Levi’s, bahkan ada yang menjadikan merk celana ini sebagai merk paling favorit. Celana jeans Levi’s memang sangat nyaman ketika dipakai, bentuknya yang stylish membuat penampilan si pemakai akan terlihat lebih kece. Tapi kamu tahu nggak sih bagaimana kisah perjalanan celana jeans merk Levi’s hingga akhirnya menjadi merk celana jeans yang paling terkenal di dunia?

Baca Juga : 8 Kosmetik Zaman Dulu Ini Hits Banget Lho Pada Masanya! Kamu Pernah Pakai?

Levi Strauss & Co adalah perusahaan pakaian Amerika terkenal di seluruh dunia untuk Levi-nya merk jeans denim. Perusahaan Levi’s berdiri pada tahun 1853, saat Levi Strauss seorang imigran datang dari Buttenheim, Bavaria ke San Francisco, California untuk membuka cabang bisnis di New York. Tiba di California selama masa Gold Rush, Levi memulai bisnis manufaktur celana kerja yang kuat untuk dipakai para penambang emas. Kemudian pada tahun 1873, Strauss dan seorang penjahit bernama Jacob W. Davis mengeluarkan paten untuk celana denim yang diperkuat dengan paku keling tembaga di bagian kantong dan beberapa titik lainnya.

Jeans adalah celana panjang yang biasanya terbuat dari denim, kain katun yang kasar dan berat dengan tenunan diagonal, serta dibuat dalam berbagai gaya dan warna yang selama beberapa decade celana jeans kebanyakan dipakai oleh para pekerja outdoor seperti petani dan koboi.

 

Pada tahun 1940-an, anak-anak muda mulai memakai jeans biru untuk acara-acara kasual. Kemudian pada tahun 1960-an, peran jeans menjadi penting dalam sebuah gerakan pemuda yang disebut kontra kultur. Anggota kontra kultur menolak gaya hidup kelas menengah. Mereka mengenakan jeans untuk mengidentifikasikan diri mereka dengan kelas pekerja miskin.

Pada era 1970-an, jeans mahal produksi desainer terkemuka menjadi simbol status. Jeans ini memiliki label nama desainer pada bantalan luar, seperti Calvin Klein atau Gloria Vanderbilt. Kini jeans sudah sangat umum digunakan oleh banyak kalangan di seantero dunia.

 

Dari sinilah Levi Strauss mulai memproduksi celana jeans dalam jumlah banyak dan muncul sebutan nama untuk celana jeans yang Ia buat yaitu Levi’s yang merupakan arti dari namanya Levi Strauss dan menjadi merk dagang celana jeans pertama di dunia.

Saat ini jeans telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, dan tidak hanya dimonopoli oleh kalangan pekerja tambang seperti pada zaman dahulu. Kini celana jeans telah benar-benar dapat masuk ke seluruh kalangan masyarakat tanpa memadang statusnya. Dan secara tidak langsung Levi Strauss telah menciptakan sejarah pada peradaban manusia, yakni menciptakan sebuah trend mode yang mampu diterima oleh semua kalangan. Tidak salah jika Levi Strauss menjadi sebuah legenda yang akan selalu diingat di dunia fashion dengan karya celana jeans Levi’s.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here