Jangan kasih kendorrr….. Bukan hanya anak muda saja yang bisa traveling ke berbagai penjuru dunia, orang tua yang sudah memasuki usia lanjut pun bisa menikmatinya. Di Cina dan di Swedia ada seorang nenek yang sudah berusia senja tapi tetap melakukan pelesiran ke berbagai penjuru.

Perempuan asal Cina bernama Qi yang sudah berusia 73 tahun menjadi seorang backpacker dan kerap meninggalkan rumah serta kampung halamannya untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Nenek strong ini biasa dipanggil dengan sebutan Nenek Qi, Ia suka mengunggah video dan foto-foto perjalanannya ke akun media sosial. Kebiasaan Nenek Qi berpindah-pindah tempat dan melakukan perjalanan backpacker mendapatkan respon negatif dari sejumlah netizen.

Pasalnya, Nenek Qi dianggap tidak patuh pada tradisi yang dianggap mengharuskan seorang perempuan lanjut usia tinggal di rumah menghabiskan sisa hidup mereka untuk merawat cucu. Nenek Qi tak hanya tinggal diam mendapati respon seperti itu, Ia kemudian membuat sebuah video yang diunggah ke media sosial untuk meluruskan pemikiran netizen yang menurutnya salah. Dalam videonya tersebut Nenek Qi mengatakan Mengapa orang sepuh di China harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan merawat cucu mereka? Kita menjalani hidup kita sendiri.

Nenek Qi sudah pernah melakukan perjalanan backpacker ke sejumlah negara di Eropa, Amerika Utara, dan Asia dengan biaya yang sangat minimalis. Demi menghemat biaya jalan-jalan, Nenek Qi selalu berbagi tumpangan dengan para backpacker yang lain.

Satu lagi nenek keren yang doyan backpacker-an ke berbagai negara. Edna Nahari, perempuan berusia 74 tahun ini mampu melakukan pelesiran ke berbagai negara di Asia Tenggara selama empat bulan. Sejauh ini Nenek Edna sudah memanjat Tembok Besar China, mengunjungi perbatasan Korea Utara dengan Selatan, dan memasuki goa-goa eksotis. Nenek Edna juga pernah berpetualang bersama keluarganya ke Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Serikat.

Ada hal yang menarik, Nenek Edna melakukan perjalanan ke berbagai negara bersama sang cucu Nathanael Creson yang berusia 26 tahun kerap kali mengunggah foto-foto dan video perjalanan sang Nenek Edna yang strong di usia senjanya. Sungguh sangat menginspirasi sekali ya kisah dua nenek strong ini. Terbukti bahwa usia lanjut tidak bisa menghalangi keinginan untuk menikmati keindahan dunia lebih jauh dari biasanya.

Nenek Qi dan Nenek Edna memiliki kisah yang tak terbayar dengan apapun, karena mereka mampu menikmati keindahan dunia dengan mata kepala mereka sendiri. Masa tua yang diisi dengan kekuatan dan cinta terhadap indahnya kuasa sang Maha Penguasa, akan jauh lebih indah dari sekedar berdiam diri di dalam rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here