Gang Gloria, Glodok salah satu tempat yang memiliki beragam makanan dan juga tempat-tempat legendaris. Salah satu tempat legendaris yang berada di kawasan Gang Gloria adalah tempat cukur Ko Tang. Meski berada di Gang Gloria, tempat cukur Ko Tang ini merupakan salah satu tempat yang menjadi langganan para pejabat di Indonesia, salah satunya Presiden Joko Widodo.

Berdiri sejak tahun 1936, tempat cukur Ko Tang ini didirikan oleh pengusaha Tiongkok, Po Kin Tien. Saat ini Ko Tang sudah berada di tangan generasi ketiga yang dipegang oleh Kim Tian. Meski pada saat ini kehadiran tempat cukur yang lebih modern lebih banyak dan disukai para generasi muda, Ko Tang tidak pernah sepi dari para pelanggan.

Penamaan Ko Tang sendiri memiliki arti yakni high class, dimana pada masa tersebut hal ini yang membedakan Ko Tang dengan tempat cukur lainnya. Saat ini Ko Tang hanya tinggal tersisa dengan tiga orang pencukur dari banyaknya orang yang pernah bekerja. Mereka adalah Pi Cis, Ji Sin, dan A Pauw.

Kepopuleran Ko Tang bermula ketika Presiden Joko Widodo mengunjungi tempat cukur legendaris ini. Dimana pada saat itu Joko Widodo masih menjabat sebagai Walikota Solo. Sejak kehadirannya ke Ko Tang ini lah tempat cukur yang terletak di Gang Gloria ini ramai dikunjungi.

Bukan hanya pengunjung dari kalangan masyarakat biasa saja, melainkan para pejabat pun berbondong-bondong mampir dan merapikan rambutnya di Ko Tang, seperti Abraham ‘Lulung’ Lunggana, Djarot Saiful Hidayat, Rizal Ramli, hingga Sandiaga Uno.

TIdak hanya terkenal karena menjadi langganan para pejabat saja. Ko Tang juga terkenal dengan pelayanannya yang unik. Salah satunya adalah tersedianya pelayanan untuk korek kuping. Fasilitas korek kuping di Ko Tang ini dilakukan secara turun-temurun dari lintas generasi. Bahkan fasilitas ini tergolong fasilitas yang paling sulit dilakukan.

Selain fasilitas yang jarang ditemui di tempat cukur lainnya, Ko Tang juga tetap mempertahankan desain interior hingga peralatan pangkas model kuno. Hal ini terlihat mulai dari bangku hingga penggunaan westafel untuk mencuci rambut.

Ko Tang merupakan tempat cukur terlama yang masih bisa bertahan hingga saat ini. Namun sayangnya kemunculan tempat cukur yang jauh lebih modern menggerus popularitas dari Ko Tang sebagai tempat cukur. Generasi muda kebanyakan lebih menyukai tempat cukur modern. Keberadaan Ko Tang yang menjadi pertanyaan pun akhirnya muncul.

Mampukah Ko Tang bertahan ditengah kemajuan dan berkembangnya era saat ini? Kabarnya, Ko Tang tidak memiliki generasi penerus yang bisa melanjutkan bisnis keluarga ini. Apakah nantinya Ko Tang akan tutup?

Sebelum hal itu terjadi, yuk mampir ke tempat cukur Ko Tang yang terletak di kawasan Petak Sembilan, Jalan Pintu Besar Selatan 3, Gang Gloria, Gelodok, Jakarta Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here