AtariBox (Source: Atari)
AtariBox (Source: Atari)

Kabar gembira bagi para pecinta games khususnya generasi games konsol patut bergembira. Pasalnya salah satu perusahaan games konsol yakni Atari telah bangkit kembali. Perusahaan yang berasal dari Amerika ini akan membuat seri game konsol terbaru yang siap meracuni gamers di Indonesia.

Konsol Atari sempat sangat populer di Indonesia pada era 80-an. Kehadirannya kala itu menjadi salah satu pionir dari game konsol. Jika Anda pernah mencoba bermain Pac-Man, maka itulah game produksi dari konsol Atari.

Logo Atari
Logo Atari

Berdiri pada tahun 1970, Konsol Atari seri pertama yang diproduksi kala itu adalah Home Pong, yang merupakan game tenis meja dengan dua stik analog dan memiliki dua tombol. Seri ini dirilis pada tahun 1995. Sejak meluncurnya game konsol ini, remaja pada era 80-an mulai keracunan dan ketagihan untuk bermain game.

Era keemasan dan masa kejayaan konsol Atari jatuh pada tahun 1977. Saat itu Atari memproduksi konsol dengan teknologi dan grafik yang lebih baik dibanding seri sebelumnya. Atari merilis konsol VCS atau yang dikenal dengan Atari 2600. Dari seri inilah muncul berbagai game baru seperti Pac-Man, Star Wars, Asteroid, dan Space Invaders. Bahkan berkat Atari 2600 ini, konsol yang menjadi racun generasi muda saat itu berhasil terjual hingga 30 juta unit hingga tahun 1983.

Atari Pong atau Home Pong (Source: Atari)
Atari Pong atau Home Pong (Source: Atari)

Sayangnya masa kejayaan konsol Atari ini tidak berlangsung lama. Pada tahun 1985, Atari memiliki saingan baru yang lebih dicintai para pecinta game. Dia adalah konsol NES yang diproduksi oleh Nintendo. Terlebih kerugian yang dialami oleh Atari sejak peluncuran seri terbarunya pada 1983 yakni Atari Shock. Kerugian itu mencapai 310,5 juta dolar dan membuat Atari mengalami vaild.

Konsol Atari mengelurkan seri terakhirnya pada 1993, yakni Atari Jaguar. Dengan pertimbangan dan juga persaingan yang kuat, Atari pun mencoba bersaing dengan konsol NES. Namun sayang, pada 2013 konsol Atari dinyatakan bangkrut.

Pasca mengalami hal buruk atas kebangkrutannya, Fred Chesnais membeli perusahaan konsol tersebut dan berusaha untuk menghidupkannya kembali. Dengan segala pertimbangan, Chesnais pun membanting stir dengan citra Atari sebagai game konsol. Chesnais pun mejadikan Atari sebagai produsen dari game mobile. Langkah ini pun dianggap sangat tepat karena Chesnais mampu meraup keuntungan dengan menjadi produsen game mobile. Salah satu game mobile yang melegenda produksi Atari adalah Blade Runner.

AtariBox (Source: Cnet)
AtariBox (Source: Cnet)

Kini, Chesnais kembali meluncurkan seri konsol Atari setelah sukses dengan game mobilenya. Hal ini ditandai dengan peluncuran AtariBox dengan desain klasik yang mirip dengan Atari 2600. Konsol Atari ini memiliki permukaan garis-garis, dan memiliki panel bermaterial kaca atau kayu.

Selain desainnya yang memiliki pembaruan, AtariBox juga dilengkapi dengan lampu indikator pada bagian depannya, dan juga terdapat slot kartuSD, port HDM, serta empat buah lubang USB yang terletak pada bagian belakang. Nantinya AtariBox akan dirilis dalam dua versi, yakni versi kayu dan versi garis-garis merah hitam.

Akankah kesukesan konsol Atari pada era 80-an akan kembali terulang? Mampukan konsol AtariBox bersaing dengan PlayStation4? Apakah Anda juga tertarik untuk kembali bermain dengan game konsol ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here