Menikmati secangkir kopi susu di kawasan Ibukota sudah tidak asing dan sulit untuk ditemui. Beragam kedai yang menjual minuman berupa kopi susu kini kian menjamur dan semakin bertambah. Bisnis yang cukup menjanjikan ini pula yang membuat kedatangan nama-nama baru di dunia kopi bermunculan, salah satunya adalah Kopiyor.

Kopiyor merupakan salah satu kedai kopi yang ikut meramaikan industri kuliner khususnya dibidang minuman dengan bahan dasar kopi. Kedai kopi ini pertama kali didirikan pada tahun 2018 oleh Tjoek Widharyako alias Ucu. Nama Kopiyor sendiri berdiri dibawah naungan PT OTW Maju Bersama yang juga menaungi bisnis kuliner lainnya.

“Outlet pertama dari Kopiyor sendiri ada di Kelapa Gading yang kita buka pada bulan November 2018 lalu. Sementara outlet terakhir kita buka itu ada di Bandung yang menjadi outlet ke-14.” Ujar Ucu selaku salah satu founder dari Kopiyor.

Bisnis kopi yang didirikan oleh Ucu ini memiliki salah satu menu andalan yaitu Es Kopiyor. Dimana penyajiannya menggunakan topping dari buah kopyor. Tentu saja hal ini menjadi hal baru dari penyajian kopi susu kebanyakan. Bukan hanya menjadi hal baru saja, Es Kopiyor yang disajikan ini juga menjadi daya tarik tersendiri lantaran cita rasa kopi yang ditawarkan tidak sekuat dari kopi lainnya.

“Sebenarnya level kita bukan seperti coffee shop tapi lebih ke sistem take away. Secara konsep sama saja dengan kedai kopi lainnya, hanya saja kita punya menu berbeda yaitu Es Kopiyor yang menggunakan buah kopyor.” Pungkas Ucu kepada tim kabarsidia.

Persaingan dalam dunia bisnis kopi ini tidak membuat Ucu bersama brand Kopiyornya menjadi mundur. Ucu melihat peluang bisnis dengan kopi ini sebagai hal yang cukup menjanjikan. Tentu saja dengan kebiasaan orang yang kerap kali mengkonsumsi kopi hampir setiap hari menjadi nilai tambahnya untuk membuka usaha bisnis kopi ini.

Penggunaan biji kopi yang digunakan oleh Kopiyor sendiri menggunakan kopi Nusantara yang berasal dari Flores dan berbagai daerah di Indonesia. Pemilihan biji kopi ini jugalah yang membuat orang yang tidak menyukai kopi bisa mencicipi Kopiyor lantaran rasa kopinya yang tidak terlalu kuat dan berbeda dari biasanya.

Ketika ditanyai tentang pendapatan bersih dari bisnis usaha Kopiyor ini, Ucu mengungkapkan dalam satu hari, Kopiyor bisa menjual sedikitnya 200 cup untuk satu outlet. Untuk membuat masyarakat dan pecinta kopi mengingat brandnya, Ucu kerap kali melakukan inovasi terbaru dengan meluncurkan menu baru dan pembukaan kedai kopi baru diberbagai daerah.

“Target kita sampai akhir tahun sedikitnya membuka 150 sampai 200 outlet, minimal setiap bulan kita buka 20 outlet. Paling dekat nanti kita buka di Karang Tengah, Grogol dan juga Sampoerna Strategic.” Ungkap Ucu.

Ucu juga memberikan peluang bisnis kepada calon pengusaha muda untuk bekerjasama membangun brand Kopiyor dengan membuka bisnis franchise. Untuk harga yang ditawarkan mulai dari Rp50 juta yang sudah dilengkapi dengan peralatan dan juga bahan-bahan baku. Namun, modal awal tersebut belum termasuk untuk biaya pembukaan atau pembuatan Booth, yang dimulai dengan angka Rp20 juta untuk pembangunan booth Kopiyor.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha baru dibidang kuliner, khususnya kopi. Anda bisa memulai bisnis usaha dengan bergabung bersama Kopiyor. Untuk informasi dan berita terbaru dari Kopiyor bisa Anda temui melalui akun instagram resmi mereka di (@kopiyor).

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here