Mengalami kram saat berolahraga memang kerap kali terjadi pada hampir semua orang. Masalah kram otot ini pun kerap terjadi saat kita melakukan olahraga, dan otot-otot kita mengalami kontraksi serta penegangan, baik otot pada kaki maupun pada lengan. Penyebab dari kram yang kerap kali terjadi saat berolahraga bisa disebabkan oleh dehidrasi, kekurangan garam, hingga otot yang mengalami kelelahan.

Baca juga: Buat Kalian “Si Mager,” Lima Gerakan Olahraga ini Bisa Dilakukan Sambil Rebahan

Berolahraga memang merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan dan juga menyehatkan bagi tubuh. Dengan berolahraga, tubuh kita akan terasa lebih segar dan sehat dari biasanya. Namun dalam berolahraga terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari kram otot maupun cidera, yang terus mengintai dan menjadi mimpi buruk bagi para pecinta olahraga, salah satunya dengan melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

Memang, kram otot yang terjadi akibat olahraga ini tidak langsung terjadi saat kita sedang asik dan fokus pada gerakan-gerakan olahraga. Kram otot kerap terjadi setelah kita selesai dalam berolahraga. Jika kram sudah melanda, biasanya kita akan merasakan nyeri yang tak tertahankan, hingga organ tubuh yang mengamai kram otot ini pun tidak bisa untuk digerakan. Tubuh yang sudah mengalami kram otot biasanya ditandai dengan mengerasnya anggota tubuh, hingga mengalami kebengkakan dan sakit jika disentuh.

Untuk menghindari kram otot yang terjadi saat berolahraga, seperti yang sebelumnya sudah dikatakan, lakukanlah pemanasan dan peregangan pada otot-otot sebelum memulai olahraga dengan porsi berat. Perbanyaklah meminum air putih dan mengkonsumsi makanan yang mengandung elektrolit (natrium, kalsium dan magnesium) sebelum berolahraga, dan yang terpenting adalah hindari melakukan kegiatan olahraga yang berlebihan saat cuaca panas terik.

Masih ingat dengan kasus cideranya salah satu atlet bulutangkis Indonesia, Anthony Ginting? Ginting mengalami cidera otot saat menghadapi lawan dari China, Shi Yuqi pada perhelatan Asian Games 2018 lalu. Cidera dan kram otot yang dialami Ginting ini pun terjadi karena faktor kelelahan. Kram otot kerap kali menjadi mimpi buruk bagi para pecinta olahraga.

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh memang menjadi tanggung jawab diri kita masing-masing. Maka dari itu untuk terhindar dari cidera atau hal-hal yang tidak diinginkan perhatikan kondisi tubuh Anda terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan.

Baca juga: 6 Gerakan Olahraga Ini Bisa Dilakukan “Colongan” di Kantor

Jangan sampai dengan melakukan olahraga yang bertujuan menyehatkan tubuh justru berbanding terbalik dan menjadi masalah kesehatan bagi diri sendiri. Perbanyak mengkonsumsi susu yang mengandung kalsium untuk menjaga pertumbuhan tulang dan demi kesehatan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here