Menyontek merupakan sebuah tindakan lazim yang dilakukan oleh para pelajar di Indonesia. Hal ini akan menjadi kebiasaan yang kerap kali dilakukan setiap kali akan menghadapi ujian. Biasanya, para pelajar yang menyontek ini dikarenakan terlalu malas untuk membaca, atau sekedar belajar singkat tentang materi-materi yang sudah pernah diberikan oleh guru di sekolah.

Baca juga: Sepatu Warrior, Sepatu Kenangan Anak Sekolah Generasi 90-an

Pada era generasi 1980 hingga 1990-an, terdapat kenangan tersendiri tentang bagaimana tips dan trick menyontek agar tidak diketahui oleh guru. Salah satunya dengan menyembunyikan kertas kecil ke dalam tempat pensil. Tak hanya itu saja, berbagai macam tips dan trick menyontek khas anak jadul lainnya dibawah ini mungkin bisa membuat Anda tak habis pikir dan kembali mengingat masa-masa kenakalan di bangku sekolah.

  1. Tutup Kalkulator

Kalkulator merupakan salah satu senjata yang paling diandalkan dalam menyembunyikan contekan. Namun tidak semua jenis kalkulator bisa dijadikan tempat persembunyian contekan loh. Jenis kalkulator ilmiah lah yang bisa Anda jadikan tempat untuk mencatat segala rumus dan bocoran dari jawaban saat ujian. Tentunya dengan menuliskannya pada bagian dalam tutup kalkulator.

  1. Sembunyikan Buku di Kolong Meja

Hal konyol yang mungkin pernah Anda lakukan semasa duduk dibangku sekolah adalah dengan menyembunyikan buku di kolong meja. Trik ini menjadi salah satu jurus terjitu yang bisa atau mungkin pernah Anda lakukan. Dengan membawa buku, jawaban Anda sudah dipastikan akan benar.

  1. Menulis Contekan di Paha

Cara ekstrim dengan menulis contekan di paha adalah cara jadul yang paling berani di lakukan oleh para pelajar. Terlebih saat itu para siswa dan siswi masih menggunakan celana atau rok pendek, sehingga sangat mudah untuk menulis dan membuka contekan yang sudah disiapkan di paha.

  1. Kode Tangan

Jika ingin memberikan jawaban atau bertanya soal jawaban kepada teman, biasanya akan muncul kode-kode jari tangan yang mengisyaratkan jawaban dari soal yang ditanyakan. Biasanya teman yang akan memberikan jawabannya akan berpura-pura menggaruk kepala dan mulai memberikan kode jari kepada teman lainnya.

  1. Izin Pergi ke Toilet

Saat proses mengerjakan soal ujian, biasanya tak sedikit dari para pelajar yang kerap kali izin untuk ke kamar mandi. Sebenarnya hal ini dilakukan bukan untuk buang air kecil, melainkan untuk melihat catatan dan contekan yang sudah disiapkan di dinding kamar mandi. Biasanya hal ini sih dilakukan kalau para pelajar sudah mentok dan tak bisa berkutik untuk menyontek.

Begitulah 5 tips dan trick menyontek khas anak jadul yang mungkin sampai saat ini masih sering kali diterapkan oleh para pelajar. Memang masa-masa memakai seragam sekolah dan duduk dibangku kayu sangat membekas diingatan, hingga hal-hal konyol yang kerap kali dilakukan saat ujian pun menjadikan carita betapa konyol dan beraninya kita semasa duduk dibangku sekolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here