Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Korea Selatan. Choi Jinri atau yang akrab disapa dengan nama Sulli ditemukan tewas di kediamannya. Mantan anggota girls group F(x) ini diduga meninggal dunia lantaran bunuh diri akibat depresi yang dialaminya.

Choi Jinri atau Sulli dikenal sebagai salah satu penyanyi sekaligus aktris Korea Selatan. Dirinya merupakan mantan anggota girls group bernama F(x) yang pertama kali debut pada tahun 2009 lalu. Bersama dengan Amber, Luna, Krystal dan juga Victoria, Sulli berhasil meraih salah satu mimpinya untuk menjadi seorang penyanyi. Dengan lagu ‘Lachata’, karir Sulli di industri hiburan Korea Selatan pun kian cemerlang.

Sulli mantan anggota F(x) tewas bunuh diri akibat depresi
Sulli mantan anggota F(x) tewas bunuh diri akibat depresi

Sebelum debut bersama dengan F(x), Sulli sudah lebih dulu menjalani aktivitasnya sebagai anggota trainee dari SM Entertainment, yang juga merupakan agency dari Super Junior hingga Red Velvet. Sejak usia 11 tahun, Sulli sudah berlatih menyanyi dan menari. Bahkan Sulli menjadi adik kesayangan dari sejumlah seniornya di SM Entertainment seperti Donghae Super Junior, Taeyeon hingga Haechul Super Junior.

Tahun 2015 Sulli memutuskan untuk hengkang dari grup yang membesarkan namanya. Ia memutuskan untuk melanjutkan karirnya sebagai seorang aktris. Drama terakhir yang melibatkan dirinya adalah Hotel Del Luna. Saat itu Sulli diminta khusus oleh IU yang juga sahabatnya untuk menjadi cameo di drama tersebut.

Berkarir sebagai seorang public figure, sosok Sulli di mata para penikmat hiburan Korea Selatan pun tak luput dari kontroversi. Hal ini terjadi sejak Sulli mulai membagikan kemesraannya bersama mantan kekasihnya, Choiza. Dengan gaya berpacaran yang dianggap terlalu vulgar tersebut, Sulli banyak menerima kritikan dan komentar jahat dari masyarakat.

Bukan hanya itu saja, cara berpakaian hingga hal-hal kecil yang dilakukan oleh Sulli pun kerap kali mendapat cacian dan komentar tidak pantas. Sejak saat itu Sulli mencoba untuk berbicara tentang kesehatan mentalnya yang mulai terganggu.

Choi Jinri sempat melakukan siaran langsung melalui instagram pribadinya. Dalam siaran langsung tersebut, Sulli membaca beberapa komentar jahat yang ditunjukkan kepada dirinya. Tidak tinggal diam, Sulli pun mulai angkat bicara terhadap komentar jahat tersebut.

“Saya bukan orang yang jahat, katakan satu hal saja tentang saya (yang baik) karena saya pantas menerimanya,” kata Sulli dalam siaran langsungnya.

Sulli mantan anggota F(x) tewas bunuh diri akibat depresi
Sulli mantan anggota F(x) tewas bunuh diri akibat depresi

Tidak berhenti sampai disitu saja, Sulli pernah kembali melakukan siaran langsung. Pada siaran langsung tersebut, Sulli tidak mengucapkan sepatah kata pun kepada para penggemar maupun penonton yang menyaksikan dirinya. Ia hanya terlihat membaca komentar yang masuk dalam siaran langsungnya, hingga raut wajahnya berubah menjadi sedih menahan tangis.

Setelah berjuang melawan depresi dan tekanan yang dialaminya, gadis berusia 25 tahun ini pun ditemukan tewas di kediaman pribadinya. Kabar kepergian Sulli pertama kali dilaporkan oleh manager pribadinya. Sang manager terakhir kali berkomunikasi dengan Sulli pukul 18:30 KST tanggal 13 Oktober lalu. Sejak saat itu manager Sulli sudah tidak dapat kabar dan panggilan telepon pun tidak direspon oleh Sulli.

Keesokan harinya sekitar pukul 15:21 KST, manager Sulli telah menemukan gadis cantik tersebut dalam keadaan tidak bernyawa. Sulli ditemukan tewas di kediaman pribadinya di Jeongjeong-Gu, Seongnam, Korea Selatan.

Tekanan dan komentar jahat dari para netizen pun diduga kuat menjadi salah satu penyebab tewasnya Choi Jinri. Kepergian Sulli menjadi duka paling mendalam untuk keluarga, teman, sahabat, kolega serta para penggemarnya.

SM Entertainment selaku agency yang menaungi Sulli sempat merilis pernyataan tentang prosesi pengangkatan peti jenazah hingga pemakaman. Proses tersebut akan dilakukan secara tertutup, baik dari penggemar maupun media. Hal ini dilakukan lantaran permintaan dari pihak keluarga dan menghormati keluarga yang ditinggalkan.

Namun beberapa waktu lalu SM Entertainment kembali merilis pernyataan resmi yang menyatakan para penggemar bisa memberikan penghormatan terakhirnya kepada Sulli.

“Ini SM Entertainment, Sulli telah pergi meninggalkan kita semua. Dengan berat hati berita ini kami sampaikan kepada para penggemar. Sesuai dengan keinginan keluarga, kami telah menyiapkan area belasungkawa yang terpisah, sehingga penggemar yang selalu memberikan dukungan dapat memberikan salam hangat perpisahan terakhir kalinya,” tulis SM Entertainment dalam sosial medianya.

Selain memberikan izin para penggemar untuk memberikan penghormatan terakhir, pihak agency juga menyampaikan lokasi dari area belasungkawa untuk mendiang Sulli.

“Di Rumah Pemakaman Sinchon Severance Hall No.7 (lantai dasar 1). 15 Oktober (16:00-21:00) dan 16 Oktober (siang-21:00) penggemar dapat memgunjunginya. Sekali lagi kami ucapkan belasungkawa yang terdalam,” tutup SM Entertainment.

Kepergian Sulli dengan cara mengakhiri hidupnya tersebut menjadi pukulan tajam bagi SM Entertainment selaku agency. Ini bukan kali pertama SM Entertainment kehilangan artisnya dengan cara bunuh diri, sebelumnya Jonghyun SHINee juga mengakhiri hidupnya dengan cara yang sama akibat depresi.

Berkaca dari kepergian Sulli yang kerap kali mendapat komentar jahat, ini membuktikan bahwa satu kata yang tertulis maupun terucap oleh seseorang dapat berakibat buruk bagi orang lain. Selamat beristirahat dengan damai, Choi Jinri.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here