Kuaci adalah cemilan yang berasal dari biji bunga matahari, makanan ringan ini banyak disukai karena cara menikmati kuaci bisa dibilang cukup unik. Ketika kamu menggigit satu biji kuaci maka di dalamnya akan menemukan biji kecil yang bisa kamu makan, tentu saja dengan sensasi rasa tersendiri.

Kuaci banyak di jual di beberapa warung di sekitaran kita, bahkan di supermarket atau mini market kuaci juga banyak di jual. Kuaci yang berasal dari biji bunga matahari ini di olah dengan cara di keringkan dan di beri rasa asin.  Selain dijadikan cemilan, kuaci juga bisa dijadikan sebagai salah satu sumber penghasil minyak dalam kosmetik.

Tak hanya itu, ternyata ada beberapa manfaat besar lainnya yang dihasilkan dari “si kecil” kuaci ini;

  1. Sebagai Anti Inflamasi.

Kuaci memiliki kandungan vitamin E yang berguna untuk mengontrol kolestrol, selain itu vitamin E juga berguna sebagai anti inflamasi yang bertugas untuk melindungi membran sel, molekul, dan jaringan guna mencegah berbagai macam penyakit berbahaya.

  1. Menyehatkan Jantung.

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, biji bunga matahari atau kuaci memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung, karena vitamin E mampu mengontrol kadar kolestrol pemicu penggumpalan arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Baca juga: 5 Mitos ini Sering Terjadi Sehari-hari, Kamu Percaya yang Mana?

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Kulit.

Vitamin E sering kali dijadikan sebagai bahan kecantikan alami bagi kulit, sebab vitamin E mampu melindungi kulit dari serangan sinar UV matahari dan mampu menurunkan risiko penyakit kulit dan kondisi terbakar akibat paparan sinar matahari.

  1. Mencegah Kanker.

Kandungan selenium yang tinggi pada kuaci bisa menjadi pencegah kanker. Sebab selenium dapat mencegah kerusakan DNA yang biasanya memicu pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

  1. Baik Untuk Perkembangan Janin.

Di dalam kuaci mempunyai kandungan asam folat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 227 mg / 100 gr. Asam folat ini sangat bermanfaat untuk perkembangan otak janin didalam kandungan.

  1. Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah.

Kuaci memiliki kandungan asam klorogenat yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah dan juga dapat menghambat terjadinya perpecahan glikogen dalam hati.

Baca juga: Makan Malam Bisa Bikin Gemuk? Mitos atau Fakta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here