Jajanan pinggir jalan berwarna hijau yang memiliki tekstur krispy dan kenyal pada bagian tengah ini merupakan salah satu jajanan hits khas betawi. Jajanan ini ialah Kue Ape atau kebanyakan orang menyebutnya dengan nama Kue Tetek.

Berasal dari Betawi, membuat sejarah singkat dari nama Kue Ape ini pun berasal. Semula calon pembeli yang berasal dari Betawi bertanya kepada sang penjual dengan logat betawinya. Si pembeli pun mengatakan “Ini kue ape, bang?” Ape disini maksudnya adalah ‘Apa’. Namun sang penjual juga merespon pertanyaan tersebut dengan mengatakan ‘Ya, kue ape’. Hingga kini nama Kue Ape pun digunakan untuk jajanan berwarna hijau ini.

Kue Ape atau Kue Tetek ini biasa djumpai di pinggir sekolah atau di kampus-kampus bersamaan dengan penjual siomay dan telur gulung. Penjual Kue Ape ini biasanya menjual dagangannya dengan menggunakan gerobak dorong, yang pada bagian memasaknya menggunakan tungku tanah liat dan arang.

Kue Ape (Foto: My Backpackeria)
Kue Ape (Foto: My Backpackeria)

Sekilas cara memasak Kue Ape ini pun sama dengan cara memasak Kue Surabi khas Bandung. Maka tak heran jika sebagian orang mengatakan bahwa, Kue Ape adalah surabinya Betawi. Yang membedakan hanya pada bagian hasilnya.

Selain menggunakan tungku dan arang, adonan dari Kue Ape ini juga tergolong cukup rumit. Dikatakan rumit karena adonan yang digunakan harus pas. Jika adonan terlalu encer, maka adonan pada bagian tengah tidak bisa kenyal seperti Kue Ape yang sering dijumpai. Begitu pula sebaliknya, jika adonan terlalu kental maka bagian pinggir Kue Ape tidak bisa garing atau krispy. Sementara untuk warna hijau yang ada pada Kue Ape ini berasal dari pewarna alami dari daun suji dan daun pandan.

Saat ini memang agak sulit menemukan jajanan Kue Ape ini, terlebih bagi Anda yang ditinggal di tengah kota. Untuk menikmati jajanan khas Betawi ini Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp1,000 hingga Rp2,000 untuk satu Kue Ape.

Meski dikenal dengan warna hijaunya, saat ini banyak pelaku penjual Kue Ape yang melakukan inovasi dengan menambahkan topping pada sajian Kue Ape. Topping tersebut biasanya berupa cokelat mesis maupun keju. Tertarik untuk mencicipi Kue Ape khas Betawi ini?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here