Saat ini di media sosial sedang ramai tren tidur dengan mulut tertutup plester. Salah satu artis Indonesia yang menyuarakan cara tidur unik ini adalah penyanyi Andien Aisyah.

Penyanyi Andien Aisyah Tidur dengan Mulut di Plester.

Katanya, tidur dengan mulut ditutup plester dapat memberikan banyak manfaat untuk tidur yang lebih berkualitas dan terhindar dari bau mulut.

Plester untuk menutup mulut semalaman ini bukanlah selotip atau jenis perekat yang sering ditemukan sehari-hari, melainkan plester yang memang khusus tersedia untuk mulut. Plester mulut ini aman untuk bibir dan tidak menimbulkan rasa sakit seperti yang ditimbulkan jika menutup dengan lakban.

Plester mulut juga khusus di desain dengan memiliki lubang kecil sehingga tetap dapat memungkinkan pernapasan melalui mulut jika hidung tersumbat di malam hari.

Pada dasarnya, manusia memang bernapas dengan menggunakan hidung. Menutup mulut dengan plester bertujuan untuk memastikan bahwa hidung benar-benar digunakan untuk bernapas. Karena kadang pun beberapa orang ketika tidur secara tidak sadar bernapas dengan menggunakan mulut.

Seperti yang dikutip dari sebuah situs kesehatan mulut Ask the Dentist, bernapas melalui mulut saat tidur dapat menyebabkan napas terhenti sewaktu-waktu karena udara yang masuk lebih bervolume besar dibanding dengan bernapas melalu hidung saat tidur.

Selain itu, kebiasaan bernapas melalui mulut saat tidur cenderung dapat membuat seseorang ngorok dan ngiler. Serta mengalami gangguan tidur seperti sleep anea, dan mempengaruhi tekanan darah, detak jantung, dan otak tidak mendapatkan oksigen yang optimal.

Dengan menutup mulut dengan plester saat tidur bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti meningkatkan kadar nitrogen oksida, mengurangi risiko gesekan gigi dan mulut kering, jauh lebih mudah untuk mencapai deep sleep atau tidur yang berkualitas. Tidak bau mulut, dan bangun tidur badan terasa lebih segar.

Kira-kira, apakah ini benar fakta atau hanya sugesti belaka? Kamu berani mencoba untuk membuktikannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here