Daun sirih salah satu tumbuhan yang biasa digunakan oleh orang tua untuk menginang ini merupakan daun yang kaya akan manfaat. Banyaknya orang tua yang hobi dan gemar menginang ini lantaran dengan cara seperti itu dapat membantu mengurangi karies pada gigi. Selain bermanfaat sebagai penangkal karies gigi, daun sirih juga memiliki manfaat lainnya bagi tubuh.

Salah satu tumbuhan yang memiliki warna hijau ini memiliki kandungan air yang cukup banyak. Sedikitnya sekitar 85 – 90% kandungan yang dimiliki oleh daun sirih ini adalah berupa air. Kandungan air ini lah yang nantinya membuat daun sirih memiliki kadar rendah lemak dan kalori.

Sebagai salah satu daun yang memiliki kandungan air, daun sirih juga dipercaya dapat membunuh bakteri dan jamur. Hal ini didukung dengan peran daun sirih sebagai antioksidan. Tentu saja Anda pernah mengalami mimisan pada hidung, yang nantinya untuk mencegah aliran darah yang keluar dari hidung, Anda akan menggunakan daun sirih sebagai penangkalnya.

Bukan hanya hal umum itu saja yang bisa didapatkan dari daun sirih. Beberapa manfaat dibawah ini mungkin bisa Anda coba dan terapkan di kehidupan sehari-hari. Yuk simak manfaat dari daun sirih, si hijau kecil yang kaya akan manfaat:

  1. Menurunkan Depresi

Dalam hal dan kasus menurunkan depresi ini, banyak ilmuan yang berpendapat bahwa dengan meminum air rebusan daun sirih ini dapat menurunkan depresi yang sedang dialami. Hal ini lantaran kandungan air rebusan daun sirih akan memproduksi hormone serotonin yang akan membuat Anda lebih bahagia.

  1. Menghambat Pertumbuhan Karies Gigi

Pernah melihat aktivitas orang tua yang mengunyah daun sirih? Yap kebiasaan itu bukanlah tanpa alasan dilakukan. Pasalnya, dengan mengunyah atau menginang daun sirih dapat membantu Anda menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan karies gigi.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, mungkin daun sirih akan menjadi salah satu kunci kesuksesan dari diet yang sedang Anda jalani. Kandungan serat yang terdapat di daun sirih akan membantu menurunkan kadar lemak pada tubuh. Bukan hanya itu saja, kandungan daun sirih juga bisa membantu mengatasi sembelit, sehingga proses pencernaan tubuh Anda akan lebih sehat.

  1. Mengobati Luka

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, hal ini pun sangat bermanfaat untuk membantu mengobati luka. Jika Anda mengalami luka gores, cukup dengan menumbuk atau menghaluskan daun sirih saja lalu kemudian daun sirih tersebut ditempelkan dibagian luka. Luka ini nantinya akan sembuh dengan kurun waktu 1 – 2 hari kedepan.

  1. Melegakan Tenggorokan

Masalah tenggorokan hingga demam pada tubuh yang sedang Anda alami bisa dibantu pencegahan dan melegakan hanya dengan daun sirih. Hal ini lantaran daun sirih memiliki kandungan antioksidan dan memiliki sifat antiimflamasi dan juga antibakteri. Jadi, jika Anda mengalami sakit tenggorokan bisa mencobanya dengan meminum air rebusan daun sirih.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here