Band rock asal Inggris, Led Zeppelin membagikan kabar terbaru terkait perayaan 50 tahun berkarya di industri musik. Menyambut perayaan tersebut, Led Zeppelin akan merilis film dokumenter perjalanan karirnya selama ini. Berita ini pun disampaikan langsung melalui sosial media Led Zeppelin.

Film dokumenter yang mengangkat kisah perjalanan Led Zeppelin ini akan disutradarai oleh Bernard MacMahon. Sebelumnya MacMahon sudah lebih dulu akrab dengan berbagai film dokumenter lainnya. Meski rencana ini sudah dibagikan kepada para penggemar, judul dari film dokumenter ini masih belum ditentukan. Sementara itu proses syuting dari film dokumenter Led Zeppelin masih berlangsung hingga saat ini.

Led Zeppelin

Di bentuk pada bulan September 1968, Led Zeppelin beranggotakan empat pemuda. Mereka adalah Jimmy Page (gitar), Robert Plant (vokal), John Bonham (drum), dan John Paul Jones (bass). Dalam urusan bermusik, Led Zeppelin lebih dikenal dengan warna aliran heavy metal. Dimana unsur gitar lebih menonjol dibanding unsur musik lainnya.

Kehadiran Led Zeppelin di kancah musik pada masa itu seolah mendobrak pasar musik. Salah satunya dengan cara tidak pernahnya Led Zeppelin merilis single andalan selain dirilis dalam bentuk album penuh. Led Zeppelin pun juga dikenal sebagai band heavy metal pertama yang meramaikan industri musik.

Masa keemasan Led Zeppelin jatuh pada tahun 1970-an. Saat itu melalui Led Zeppelin II berhasil menyingkirkan The Abbey Road milik The Beatles. Pada tahun 1980, Led Zeppelin pun terpaksa harus bubar. Hal ini lantaran John Bonham meninggal dunia.

Meski Led Zeppelin bubar, karya dari musisi heavy metal pertama ini pun tetap dibanggakan dan menjadi favorit. Sedikitnya lebih dari 300 juta keping album telah berhasil terjual. Hal ini pula yang membuat nama Led Zeppelin tetap eksis dan dikenang dengan karyanya yang luar biasa.

Led Zeppelin

Sejak memutuskan untuk bubar pada tahun 1995 mereka kembali mengadakan reuni dengan tampil di Rock and Roll Half of Fame. Tidak hanya itu saja momen kembalinya Led Zeppelin, di tahun 2007 mereka kembali dipersatukan ke dalam sebuah panggung. Kali ini mereka berhasil tampil dalam acara konser Tribute to Ahmet Ertegun di O2 Arena.

Menyambut ulang tahun ke-50 kali ini, bersama dengan ketiga anggota yang tersisa, Led Zeppelin membagikan kisahnya dalam sebuah film dokumenter. Dimana dalam film dokumenter tersebut nantinya juga aka nada penayangan cuplikan wawancara bersama mendiang John Bonham.

John Paul Jones bahkan mengungkapkan ketidaksabarannya akan perilisan film dokumenter yang sedang dipersiapkan. “ini waktu yang tepat untuk menceritakan kisah kami untuk pertama kalinya dengan kata-kata kami sendiri. Dan aku pikir, film ini akan benar-benar menghidupkan kisah tersebut.” Tutup John Paul Jones.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here