Bagi para pecinta kuliner tentunya sudah tidak asing lagi dengan kudapan yang bernama Es Pisang Ijo. Di antara semua makanan khas Sulawesi Selatan, es pisang ijo yang paling terkenal. Es pisang ijo juga menjadi yang paling laris.

Es pisang ijo terbuat dari pisang kukus yang dibalut dengan kulit dadar berwarna hijau, kemudian di sajikan dengan kuah kental olahan santan. Sebagai pelengkap, ada sirup berwarna merah yang menambah kenikmatan cita rasa es pisang ijo yang berasal asli dari Makassar.

Es pisang ijo.

Ternyata, dibalik nikmatnya es pisang ijo ada asal muasal yang bersumber dari cerita rakyat yang melegenda. Penasaran kayak apa cerita rakyat tersebut? Yuk simak terus artikel ini ya!

Konon, di Pulau Sulawesi hiduplah seorang raja yang dikenal kejam dan tidak memiliki rasa belas kasih. Tidak ada satu pun warga yang berani melawan perintahnya. Pada suatu hari, salah satu juru masak kerjaan bernama Ijo melakukan kesalahan yang fatal. Ia telah salah menyajikan suguhan makanan yang tidak cocok di lidah sang raja.

Akhirnya, sang raja pun naik pitam dan mengancam akan menghukum mati juru masak tersebut di depan rakyatnya. Kemudian, juru masak tersebut segera mengajukan sebuah penawaran menarik kepada sang raja, yaitu Ia akan membuatkan sebuah resep olahan pisang terlezat kepada sang raja. Karena sang juru masak mengetahui kalau sang raja sangat menyukai buah pisang.

Tawaran tersebut pun diterima oleh sang raja. Ijo pun membuat sebuah kudapan pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau yang disajikan bersama kuah fla kental yang gurih. Tak disangka-sangka, sang raja sangat menyukai olahan pisang ijo olahan tersebut. Ijo akhirnya selamat dari hukumannya, bahkan sang raja memberikan penghormatan dengan memberikan nama Pisang Ijo oleh sang raja.

Begitulah asal muasal munculnya es pisang ijo, namun jangan serta merta mempercayai sepenuhnya. Karena cerita rakyat ini adalah cerita asal muasal yang diceritakan turun temurun oleh nenek moyang. Dan belum diketahui pasti dari mana asal es pisang ijo bermula. Yang terpenting, es pisang ijo selalu mendapat tempat di hati pecinta kuliner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here