Lorenzo pensiun dari dunia balap
Lorenzo pensiun dari dunia balap

Pembalap asal Spanyol Jorge Lorenzo baru saja mengumumkan pensiun dininya. Keputusan untuk meninggalkan lintasan balap ini membuat sejumlah rekan dan lawannya terkejut, tak kecuali Valentino Rossi.

Jorge Lorenzo mengawali karirnya di lintas balap dengan bergabung bersama  Team Yamaha Fiat. Ketertarikannya pada motor sudah terlihat ketika ia berusia 3 tahun. Tahun 1995, Lorenzo mulai mengikuti ajang balap minicross, bahkan ia berhasil menjuarai Balearic di usia mudanya untuk kelas trial, minimoto dan juga motocross.

Pria kelahiran Balearic Mallorca, Spanyol ini akhirnya mulai menekuni bidang balap yang sudah ia gemari sejak kecil. Lorenzo pun kembali mencoba peruntungannya di kelar profesional. Saat itu ia berhasil lulus ke road race dalam kejuaraan nasional tahun 1997. Hingga pada satu tahun kemudian ia berhasil menjuarai kejuaraan Aprilia 50cc.

Lorenzo menjadi pembalap termuda untuk kelas 125cc saat berkompetisi di Eropa. Dengan usianya yang masih 13 tahun tersebut, ia sudah berani menunjukkan kemampuan dan keahliannya dalam melaju di lintasan balap.

Lorenzo pensiun dari dunia balap
Lorenzo pensiun dari dunia balap MotoGP

Memasuki tahun 2002, Lorenzo membuat gebrakan baru dengan terjun dalam kejuaraan Derbi di Spanish Gran Prix Jerez. Ia pun berhail meraih posisi pole pada saat itu. Karir dan kejuaraan yang berhasil di raih oleh Lorenzo pun tidak berhenti sampai disitu saja. Ia berhasil meraih posisi keenam dan keempat pada kelas 125cc. Sementara karir awalnya di kelas 250cc berawal ketika ia berhasil meraih posisi kelima dan melakukan perpindahan tim ke Aprilia.

Gelar juara dunia untuk kedua kalinya Lorenzo dapatkan pada tahun 2007 di kelas 250cc. Masa-masa kejayaan itulah yang menjadi titik balik dari karir pembalap asal Spanyol tersebut. Memasuki tahun 2010, Lorenzo dan lawannya Valentino Rossi sempat mengalami accident yang menjadi perbincangan seluruh dunia.

Lorenzo pensiun dari dunia balap
Lorenzo pensiun dari dunia balap MotoGP

Sebelum berbeda kubu dengan Rossi, Lorenzo sempat menjadi rekan seperjuangan Rossi di bawah bendera Yamaha. Sejak berpisah dari Team Yamaha, Lorenzo melabuhkan hatinya ke Team Honda. Namun setelah 17 tahun menjalani karirnya di dunia balap, Lorenzo memutuskan untuk pensiun.

Keputusan tersebut pun membuat sejumlah kerabat dekatnya terkejut, tak kecuali Valentino Rossi. Lorenzo mengaku bahwa dirinya kesusahan untuk menemukan motivasi untuk mengatasi situasi sulitnya belakangan ini. Hingga akhirnya pada kejuaraan MotoGP 2019 menjadi ajang perlombaan terakhirnya di lintasan balap.

Lorenzo memutuskan untuk pensiun dari dunia balap lantaran banyak hal yang terjadi pada dirinya. Salah satu yang menguatkan dirinya untuk segera pensiun adalah cidera punggung yang dialami ketika bertanding MotoGP Belanda 2019.

Posisinya kini digantikan oleh adik kandung Marc Marquez, Alex Marquez. Adik kandung dari Marc ini nantinya akan bekerjasama dengan Team Honda Repsol. Selamat menikmati masa pensiun, Lorenzo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here