Kejayaan dari video player Betamax di tahun 80 hingga 90-an diwarnai dengan film Lion Maru. Sosok pahlawan berwujud manusia singa ini menjadi salah satu film yang paling di cari. Pasalnya, Lion Maru ini tidak ditayangkan di stasiun televisi seperti film-film animasi lainnya. Lion Maru hanya tayang dalam sebuah balutan kaset yang diputar dalam video player Betamax.

Lion Maru merupakan sebuah film animasi produksi P Production asal Jepang. Film ini pertama kali ditayangkan di stasiun televisi Fuji pada 1 April 1972 hingga 7 April 1973, dengan total episode mencapai 54 episode. Menariknya, meski tayang di stasiun televisi Jepang, Indonesia tidak menayangkan film ini di stasiun televisi pertama di Indonesia, yaitu TVRI.

Lion Maru

Penggambaran cerita dari Lion Maru ini menceritakan tentang perang saudara yang berkepanjangan. Dimana ketiga kakak-beradik harus berjuang menyelamatkan kondisi pelik ini. Ketiganya adalah Shishimaru, Saori dan Kosuke. Mereka bertugas untuk menghentikan aksi dan kekacauan yang ditimbulkan oleh Akuma Gosun atau Devil Gosun.

Dalam aksinya menghentikan Devil Gosun, Shishimaru dibekali dengan dua bilah pedang. Satu pedang digunakan untuk menghabisi musuhnya dan pedang satunya merupakan pedang ajaib. Pedang ajaib inilah yang nantinya akan menolong dan mengubah Shishimaru menjadi sosok manusia singa bernama Lion Maru.Pedang ajaib itu Shisimaru peroleh dari gurunya yang bernama Osho-sama.

“Kaze O! Hikari O! Ninpo O! Shishi-Hengen!”

Lion Maru

Mantra yang harus diucapkan Shishimaru diatas inilah yang diucapkan ketika ia ingin berubah menjadi sosok lion maru. Sebagai sosok singa putih yang sakti, lion maru memiliki jurus andalan yang dikenal dengan lion hikou-giri. Jurus ini nantinya akan mampu mengalahkan lawan hingga tubuh lawan menjadi terbelah dan meledak. Selain jurus lion hikou-giri, lion maru juga memiliki jurus berupa tiupan angin kencang, ninpo hurricane.

Bukan hanya Shishimaru saja yang berperan penting dalam mengalahkan musuh. Kosuke sosok anak kecil yang juga terlibat dalam petualangan ini pun sedikit banyak membantu Shishimaru. Ia memiliki senjata andalan yang juga diberikan oleh Osho-sama, yaitu seruling ajaib. Nantinya seruling ajaib ini bisa digunakan untuk mendatangkan kuda putih bersayap bernama Hikarimaru.

Film Lion Maru ini juga diramaikan dengan sosok manusia berwujud harimau yang diketahui bernama Tiger Jo. Lion Maru mengajarkan bagaimana bentuk kerjasama dalam memperjuangkan keadilan dan kebahagiaan banyak orang. Kamu, sempat menyaksikan aksi Lion Maru melalui Betamax atau tidak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here