M Bloc, Ruang Kreatif dan Panggung Pentas (Sumber: Mbloc)
M Bloc, Ruang Kreatif dan Panggung Pentas (Sumber: Mbloc)

Sebuah bangunan tua di kawasan Melawai, Blok M sedikit banyak menyita perhatian. Gedung yang sudah lama tidak terurus tersebut milik dari Perusahaan Umum Percetakan Uang RI (Peruri). Lahan seluas 6.500 meter tersebut merupakan komplek perumahan karyawan dan gudang produksi uang yang sudah tidak beroperasi lagi. Kini, di tangan PT Ruang Riang Milenial dan Perum Peruri gedung tersebut menjadi sebuah ruang kreatif dan panggung pentas bagi musisi Indonesia.

M Bloc, sebuah ruang kreatif dan panggung pentas yang digagas oleh PT Ruang Riang Milenial ini seolah membawa angin segar bagi para musisi Indonesia. Minimnya gedung atau tempat untuk berkreasi di Jakarta, membuat M Bloc menjadi salah satu pemecah dari rasa khawatir tersebut.

Ruang kreatif ini pun digagas oleh Handoko Hendroyono, Glenn Fredly, Lance Mengong, Mario Sugianto. Wendi Putranto dan Jacob Gatot Sura. Bekerjasama dengan Perum Peruri, M Bloc sedikitnya mendapat lahan seluas 6.500 meter persegi untuk membangun ruang kreatif dan panggung pentas.

M Bloc, Ruang Kreatif dan Panggung Pentas (Sumber: Mbloc)
M Bloc, Ruang Kreatif dan Panggung Pentas (Sumber: Mbloc)

Sebagai ruang kreatif, M Bloc nantinya akan terbagi menjadi tiga area utama, yaitu area retail, area publik multifungsi dan area performance. Pada area retail nantinya akan dipenuhi dengan berbagai brand lokal ternama seperti Demajors, Mata Lokal, Kedai Tjikini, Tokyo Skip Jack, Titik Temu Coffee, Beyoutiful, Suwe Ora Jamu, Mbok Ndoro, Rumah Lestari, UnionWell, Connectoon, Kebun Ide Gelato, Chickro dan Mr. Roastman.

Untuk area publik multifungsi nantinya akan ramai dan terpakai untuk berbagai agenda kegiatan seperti pameran, talkshow, nonton bareng, event outdoor dan masih banyak lagi. Sementara itu untuk area performance nantinya akan berupa panggung pentas bernama M Bloc Live House. Nantinya ruangan ini dapat menampung sekitar 350 orang untuk mendengarkan live music setiap harinya. Selain panggung pentas, di area ini juga akan disediakan sebuah restaurant bernama Oeang.

M Bloc, Ruang Kreatif dan Panggung Pentas (Sumber: Mbloc)
M Bloc, Ruang Kreatif dan Panggung Pentas (Sumber: Mbloc)

Dengan kemasan menarik dan menjadi ruang kreatif bagi pemuda-pemudi Indonesia, M Bloc memiliki keunikan yang juga menjadi salah satu kendala bagi sebagian orang. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke M Bloc sangat tidak disarankan membawa kendaraan pribadi. Pasalnya M Bloc tidak menyediakan lahan parkir untuk para pengunjung.

Gagasan tidak menyediakan lahan parkir ini tentu saja bukan semata-mata diluncurkan. M Bloc dengan sengaja tidak menyediakan lahan parkir tersebut agar para pengunjung menggunakan alat transportasi umum saat berkunjung ke sini. Jika naik MRT Jakarta, pengunjung bisa turun di Stasiun MRT Blok M dan berjalan sedikit untuk dapat sampai di M Bloc.

Bangunan yang sudah hadir sejak tahun 1950-an ini pun kembali diramaikan dengan gagasan dan ide menarik. Pemanfaatan ini tentunya mendapat dukungan penuh dari pihak Perum Peruri. Dengan hadirnya M Bloc ini lah para musisi atau pun muda-mudi yang ingin kembali mengenang kejayaan Blok M bisa singgah dan mampir untuk menyaksikan berbagai pertunjukkan setiap harinya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here