Kenangan tentang masa kecil tentunya tak mudah untuk dilupakan. Meskipun sudah berlalu belasan tahun yang lalu, memori masa kecil ini pastinya masih terngiang hingga sekarang.

Salah satunya adalah kenangan dengan mainan dan juga teman-teman sewaktu kecil. Berburu mainan pada abang-abang yang sudah nunggu dengan gerobaknya di depan gerbang sekolah, menghabiskan waktu disore hari dan kenangan-kenangan lainnya.

Bukan dari mainan elektronik, mainan-mainan sederhana dengan harga murah dan mudah ditemukan ini tentunya berhasil mewarnai masa kecil kalian. Berikut adalah 6 jenis mainan masa kecil yang mewarnai masa kecil anak era 90-an.

  1. Bongkar pasang kertas

Siapa disini yang dulu suka koleksi mainan ini? Bagi anak 90an, disimpan dalam kardus, dan tentunya bikin nangis kalau ada bagian yang robek. Dengan mainan ini, biasanya anak-anak era 90-an berimajinasi tentang kehidupan yang diinginkannya. Memakaikan baju, membuatkan rumah, sampai berimajinasi tentang pasangan. Meski begitu tak jarang juga mainan ini jadi rebutan sama teman.

  1. Kelereng

Salah satu jenis mainan yang menjadi favorit anak 90-an adalah kelereng. Mainan satu ini, biasa dimainkan bersama-sama di tanah lapang. Dimulai dari patungan dengan jumlah kelereng yang sudah di tentukan, lalu kelereng di jajar membentuk garis lurus dan setelahnya ditembak pada jarak tertentu.

Pemenangnya, akan mendapatkan kelereng yang berjajar itu. Dan lucunya, tiap warna kelereng memiliki nilai tukar yang berbeda juga.

  1. Baling-baling plastik

Mainan baling-baling plastik ini sering banget dibeli oleh anak 90-an diwaktu pulang sekolah. Warnanya yang bermacam-macam sangat menarik perhatian anak-anak. Mainan ini sering banget menjadi mainan yang dilombakan antar teman.

Semakin tinggi dan semakin lama baling-baling diudara semakin seru permainannya. Cara mainnya mudah, pertama masukan baling-baling ke tuas sehingga membentuk huruf T. Lalu taruh di antara kedua telapak tangan, gerakan kedua tangan berlawanan arah. Dan baling-baling pun siap mengudara.

  1. Parasut-parasutan

Permainan parasut ini tak kalah melegenda bagi anak era 90-an. Harganya yang murah serta mudah di temukan menjadikan mainan ini wajib dimiliki oleh anak 90-an. Biasanya, mainan ini diterbangkan sambil berlari-lari dengan teman di sore hari.

Cara memainkannya pun mudah, tinggal keluarkan parasutnya, lalu buka tali melingkari badan superman, kemudian ikatkan ikatan talinya pada ujung-ujung plastic yang sudah dilubangi. Sangat mudah dan tentunya permainan ini seru sekali.

  1. Kartu kwartet

Masih ingat dengan kartu ini? Kartu kwartet ini terbuat dari kertas karton, dimana dalam 1 paknya terdiri dari 32 lembar kartu yang terbagi menjadi 8 kategori. Karakter yang terdapat pada kartu ini juga beranekaragam, mengikuti kartun atau tokoh fenomenal pada waktu itu.

Cara mainnya pun sederhana, pertama berikan empat kartu secara acak ke tiap pemain, dan sisanya ditumpuk ditengah. Selanjutnya, hompimpa untuk menentukan siapa yang bermain terlebih dahulu, dan menang menunjuk satu lawan serta menyebutkan nama kelompok dan nama kartu.

Jika pemain yang dimintai kartu memiliki kartu tersebut, ia harus menyerahkan pada pemain yang memintanya. Permainan berlanjut hingga kartu habis, dan pemenangnya ditentukan dengan pemain yang memiliki nilai terbanyak.

  1. Pistol air

Mainan satu ini selalu seru untuk dimainkan bersama teman. Bermain air sambil sembunyi dan lari emnjadi kegiatan yang paling menyenangkan di sore hari. Meski, basah basahan dan pulang dimarah sama ibu kita, namun mainan ini tak jera untuk dimainkan. Biasanya, permainan postol air ini dimainkan secara berkelompok dan terkena air paling banyak yang kalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here