Ungkapan makan malam bisa bikin gemuk seolah menjadi momok yang sangat menakutkan khususnya bagi kaum perempuan. Karena makan malam disebut-sebut sebagai penyebab utama tubuh seseorang menjadi gemuk, hal tersebut dikarenakan makanan yang dikonsumsi saat malam hari bertumpuk di dalam tubuh dan tertimbun oleh tubuh sebagai lemak di kemudian hari. Apakah itu benar?

Menurut penjelasan sebuah studi dari National Center for Biotechnology Information, Amerika Serikat menemukan, ketika makanan dikonsumsi larut malam, tubuh lebih mungkin menyimpan kalori tersebut sebagai lemak dan menambah berat badan daripada membakarnya sebagai energi. Fakta lain juga di ungkapkan oleh pakar nutrisi bahwa adanya mitos tentang larangan makan malam karena bisa bikin gemuk karena makan malam bisa membuat kalori bertumpuk dan hal itu bisa membuat tubuh menjadi gemuk.

Hanya saja yang menjadi masalah bukan kegiatan makan malamnya, tetapi dari makanan yang dikonsumsi jangan sampai melebihi batas kalori yang dibutuhkan tubuh. Makan malam sebaiknya dilakukan 3 jam sebelum tidur, hal ini berguna agar penumpukan kalori yang kemudian akan menjadi lemak bisa di minimalisir.

Dilansir dari situs Health, dijelaskan bahwa tubuh akan membakar lemak saat tidur. Sehingga saat kamu makan di malam hari, glikogen (cadangan glukosa) dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa dan dilepaskan ke aliran darah untuk menjaga kadar gula darah tetap normal saat tidur.

Ketika glikogen habis, hati akan membakar sel lemak untuk dijadikan energi. Proses ini membutuhkan waktu yang lama, yaitu sekitar 12 jam. Itu sebabnya, saat kamu makan di malam hari terutama tepat sebelum tidur, tubuh tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk melakukan keseluruhan proses ini. Dampaknya, glikogen akan diubah menjadi cadangan energi dan disimpan dalam tiga tempat, yaitu otot skeletal, liver, dan lemak (sel adiposa). Jika asupan kalori harian terlalu banyak, maka cadangan energi yang tersimpan di sel adiposa juga bisa bertambah, sehingga membuat kamu rentan mengalami kenaikan berat badan.

Itu berarti, makan malam dapat membuat gemuk bisa saja terjadi apabila memakan makanan yang tidak sesuai dan dengan jumlah yang berlebihan. Namun sebaliknnya, kalau kamu memakan makanan tinggi serat tetapi rendah kalori dan lemak seperti buah dan sayur justru makan malam akan jadi bermanfaat bagi tubuh. Yuk mulai sekarang jeli lah memilih makanan dan waktu yang tepat ketika kamu dilanda rasa lapar di malam hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here