Banyak film pendek telah ditayangkan di YouTube dan menjadi populer. Salah satunya film pendek bergenre horor karya Riza Pahlevi, Makmum.

Film pendek yang mengisahkan sosok anak gadis ketika menunaikan sholat Tahajud namun saat ditengah-tengah khusyuk menjalankan salatnya, tiba-tiba ada suara takbir dari belakang mengikutinya seolah-olah menjadi makmum. Padahal ia sedang sholat sendirian, hii… membayangkannya saja sudah bikin merinding. Sejak pertama kali ditayangkan pada 2016 silam, Makmum telah ditonton lebih dari 17 juta orang di YouTube.

MD Pictures mengadaptasi Makmum menjadi sebuah film panjang berdurasi 91 menit dari durasi aslinya 7 menit. Mengangkat ke layar lebar sebuah film pendek yang sudah populer dan meraih banyak penghargaan, tentu akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi MD Pictures dan Riza Pahlevi. Riza menjelaskan tantangannya adalah menjaga kisah Makmum tetap ada “ruh” film pendeknya saat menjadi sebuah film layar lebar agar tetap bisa dinikmati juga oleh penonton yang belum pernah menonton versi aslinya.

Bagi produser film Deeraj Kalwani, ketertarikannya membuat Makmum versi layar lebar karena selain sudah populer film ini juga banyak meraih penghargaan dari festival film di luar negeri, seperti Direction Special Mention The Crappy International Movies in Sueca (ClM-Sueca) Spanyol, Official Selection Second Asia international (Wenzhou) Youth Short-Film Exhibition, Official Selection IOGJA-NETPAC Asian Film Festival 2016, Best HamarHELLOFEST 2016 serta Memorable Character POPCON Award 2018.

Alur cerita Makmum berlatar di sebuah asrama dimana para penghuninya merasa tidak khusyuk saat melaksanakan salat. Mereka terganggu karena ada suara takbir mengikuti dibelakang seolah-olah menjadi makmum. Padahal, mereka semua sedang tidak solat berjamaah.

Makmum dibintangi oleh Titi Kamal (film ini menjadi film horor perdana bagi Titi), Jajang C.Noer, Reny Yuliana, Tissa Biani, Adila Fitri, Bianca Hello serta penampilan dari Ali Syakieb.

Tonton official trailer Makmum The Movie dibawah ini, Makmum akan tayang di bioskop seluruh Indonesia pada 15 Agustus 2019 mendatang.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here