Makanan yang diolah dengan bahan utama kacang hijau memang memiliki rasa yang khas. Dijadikan bubur kacang hijau, onde-onde yang juga berisi kacang hijau, dan bakpau atau bakpia yang berisi kacang hijau selalu jadi cemilan dengan rasa khas untuk disajikan.

Kacang hijau banyak ditemukan dan diproduksi di Cina, India, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan. Kacang hijau juga menjadi salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan untuk menggantikan konsumsi padi.

Maka dari itu, banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh jika mengonsumsi kacang hijau. Apa saja manfaat kacang hijau pada tubuh kita?

  1. Mencegah Penyakit Jantung.

Pada sebuah studi diungkapkan bahwa kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh, dan juga mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak dan mengurangi pembengkakan.

  1. Mencegah kanker. 

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung polyphenol dan oligosakarida dengan kadar yang tinggi, yang mampu mengurangi perkembangan kanker.

  1. Kaya Protein. 

Berdasarkan Departemen Kimia Institut Teknologi Harbin, 85 persen dari total asam amino dihasilkan oleh albumin dan globulin yang terkandung dalam kacang hijau.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh.  

Kacang hijau dapat bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, dan iritasi. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung Fitonutrien.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan. 

Beberapa peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi kacang hijau meningkatkan cholecystokinin, hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi.

  1. Mengurangi Efek PMS (Sindrom Pramenstruasi).

Kacang hijau banyak mengandung vitamin B6, vitamin B dan folat sehingga dapat membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang bisa memicu gejala-gejala PMS.

  1. Melancarkan Pencernaan.  

Kacang hijau kaya akan serat, sehingga mempermudah proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh.

  1. Mencerahkan Wajah dan Mengurangi Jerawat. 

Pengobatan tradisional cina meyakini bahwa kacang hijau dapat mendorong produksi kolagen dan mempercantik kulit, karena kacang hijau mengandung phytoestrogen yang berkhasiat menunda penuaan.

  1. Membersihkan Tubuh dari Racun. 

Kacang hijau mengandung protein, tannin dan flavonoid yang efektif untuk membersihkan pestisida dan metal berat seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here