Manikara zapota atau sawo merupakan buah yang sudah banyak tersebar di Indonesia. Buah yang memiliki kulit berwarna coklat dan sedikit memiliki bulu halus pada lapisan luarnya ini memiliki daging yang lunak dengan rasa yang manis. Tidak hanya itu saja, sawo juga memiliki biji berwarna hitam, mirip dengan biji labu yang pipih. Dalam satu buah swao ini terkandung beragam manfaat dan khasiat yang baik bagi tubuh loh.

Baca Juga: Jangan Lihat Bentuknya, Ternyata Buah Rambutan Ini Kaya Manfaat Loh..

Sawo biasanya banyak ditemukan di Amerika bagian tengah seperti Meksiko dan Karibia. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, sawo pun dibudidayakan hingga ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Buah yang memiliki rasa manis dan daging yang lunak ini menjadi salah satu buah favorit yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet sehat.

Selain memiliki rasa yang manis dan daging yang lunak, sawo memiliki beragam kandungan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh loh. Diantaranya adalah mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B, folat, dan niasin. Bukan hanya itu saja, sawo juga mengandung selenium, zat besi, kalsium, magnesium, dan juga fosfor.

Tentu saja beragam kandungan tersebut sangat bermanfaat dan berkhasiat bagi tubuh. Lalu, apa sajakah manfaat dan khasiat dari buah sawo? Simak ulasannya dibawah ini yuk!

  • Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet sehat, buah sawo bisa Anda masukkan ke dalam list makanan yang perlu disantap loh. Kandungan serat yang ada dalam sawo ini akan membantu Anda merasa cepat kenyang tanpa harus menambah asupan kalori untuk tubuh.

Tetapi bagi Anda yang sudah atau ingin memasukkan buah sawo ke dalam daftar panjang makanan diet, pastikan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan ya. Karena jika Anda berlebihan mengkonsumsi buah sawo dapat menyebabkan kadar gula darah naik. Alih-alih ingin menurunkan berat badan, yang terjadi justru Anda kelebihan gula. Tetap kontrol dan batasi mengkonsumsi buah sawo ya.

  • Mengatasi masalah pencernaan

Jika Anda mengalami gangguan pencernaan ada baiknya untuk mengkonsumsi buah sawo untuk memperlancar dan menyehatkan perut. Hal ini lantaran kandungan serat dan tannin yang ada dalam buah sawo, dapat membantu memperlancar pencernaan tersebut.

Bukan hanya mengatasi masalah pencernaan saja, sawo juga bisa mengatasi masalah wasir dan sejumlah permasalahan gangguan pencernaan seperti sembelit, dan juga diare.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada buah sawo juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi buah sawo, secara tak langsung Anda akan menjaga kesehatan mata agar tetap segar dan tidak mudah lelah.

  • Menangkal radikal bebas

Tubuh yang aktif beraktivitas tentunya kerap kali terserang radikal bebas. Untuk menangkal radikal bebas yang bisa berasal dari makanan, udara, bahkan dari reaksi tubuh terhadap matahari tubuh membutuhkan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

Untuk mendapat antioksidan tersebut buah sawo bisa menjadi penyuplai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Tetapi, bukan hanya sawo saja yang perlu di konsumsi, beraneka ragam buah lainnya juga diperlukan sebagai asupan tubuh.

Itulah beragam manfaat dan khasiat dari buah sawo. Apakah Anda tertarik untuk mencicipinya? Masih banyak lagi manfaat yang bisa di dapat dari mengkonsumsi buah sawo yang berkulit coklat ini loh.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here