Saat ini kopi telah menjadi minuman wajib bagi sebagian orang untuk mengawali hari. Ternyata dibalik itu semua ada manfaat kopi dipagi hari. Apa saja?

Daya tarik kopi sendiri adalah aroma dan cita rasa yang menggiurkan. Selain itu, kopi juga memiliki kandungan kafein yang membuat pecintanya kecanduan untuk meminumnya. Seperti apa manfaat meminum kopi dipagi hari?

  1. Menambah Kecerdasan dan Energi

Mengonsumsi kopi bisa membuat seseorang lebih berenergi. Hal itu karena kandungan kafein yang terdapat didalam kopi segera meresap ke dalam aliran darah hingga ke otak. Selain itu, kandungan itu juga membuat beberapa fungsi otak bertambah, seperti memori, kewaspadaan, hingga mental secara umum.

  1. Membakar Lemak

Kafein diketahui merupakan zat alami pembakar lemak. Dalam studi diketahui, kafein meningkatkan pembakar lemak pada obesitas sebesar 10% dan orang kurus 29%. Dalam penelitian lain, kafein diketahui meningkatkan laju metabolism 3 sampai 11%.

 

  1. Mengandung Nutrisi Esensial

Biji kopi yang telah diseduh mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya vitamin B2 ada 11%, B5 sebesar 6%, mangan dan kalium 3%, magnesium serta vitamin B3 sebesar 2%.

 

  1. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2%

Peningkatan kadar gula darah dapat meningkatkan risiko diabetes. Manfaat minum kopu dipagi hari bisa menjadi solusinya karena bisa menurunkan risiko 23-50% lebih.

 

  1. Melindungi dari Penyakit Alzheimer dan Demensia

Penyakit Alzheimer menjadi penyebab utama demensia di sleuruh dunia. Walaupun belum ditemukan obatnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko ini, seperti minum kopi dipagi hari.

Beberapa penelitian menunjukan, peminum kopi memiliki resiko penyakit Alzheimer hingga 65% lebih rendah, dibanding yang tidak rutin mengonsumsi kopi.

  1. Melindungi Hati

Hati merupakan salah satu porgan yang penting didalam tubuh. Namun, organ ini bisa terserang beberapa penyakit, seperti hepatitis, hati berlemak hingga sirosis. Hanya saja , orang yang meminum kopi 4 cangkir atau lebih per harinya bisa memiliki risiko sirosis lebih rendah hingga 80%.

 

  1. Melawan Depresi dan Membuat Bahagia

Depresi bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Namun, dalam studi Harvard tahun 2011 diketahui ada manfaat minum kopi di pagi hari bagi wanita yang minum 4 cangkir atau lebih per hari yakni menurunkan risiko 20% terkena depresi.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan oada 208 ribu partisipan yang mengonsumsi 4 cangkir kopi atau lebih per hari memiliki kemungkinan 53% lebih kecil untuk bunuh diri.

 

  1. Menurunkan Resiko Kanker

Kopi dapat melindungi penikmatnya dari dua jenis kanker, kanker hati dan kolorektal. Adapun, peminum kopi memiliki risiko kanker hati 40% lebih rendah dibanding yang tidak mengonsumsinya.

Kemudian, pada 489 ribu partisipan diketahui yang meminum kopi 4 gelas atau lebih per hari memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker kolorektal.

 

  1. Menurunkan Resiko Stroke dan Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa wanita yang minum kopi memiliki risiko yang lebih rendah mengalami penyakit jantung. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan peminum kopi memiliki risiko terkena stroke 20% lebih rendah.

  1. Membantu Hidup Lebih Lama

Manfaat minum kopi di pagi hari bagi pria yang terakhir adalah membuat penikmatinya hidup jauh lebih lama. Dalam beberapa studi diketahui minum kopi bagi bagi pria menurunkan risiko kematian hingga 20%. Sedangkan, minum kopi bagi wanita dapat menurunkan risiko kematian hingga 26% pada usia 18-24 tahun.

Nah, jangan lupa minum kopi di pagi hari ya, Oldiest!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here