Marie Fredriksson Meninggal Dunia
Marie Fredriksson Meninggal Dunia

Vokalis band Roxette, Marie Fredriksson meninggal dunia pada Senin (9/12). Kabar kepergiannya ini disampaikan langsung oleh pihak keluarga. Fredriksson menghembuskan nafas terakhirnya setelah berjuang melawan kanker selama kurang lebih 17 tahun.

Pelantun Listen to Your Heart, Marie Fredriksson meninggal dunia pada Senin (9/12). Kepergian vokalis band Roxette ini disampaikan langsung oleh pihak keluarga dalam penyataan tertulis.

“Marie Fredriksson meninggal dunia pada hari tanggal 9 Desember,”

Wanita kelahiran Swedia, 30 Mei 1958 ini mulai tertarik pada dunia musik ketika ia mendaftar di sekolah musik Svalov Municipality di Swedia Selatan. Pendidikan yang ia tempuh pun tidak lepas dari beragam genre musik yang akhirnya membentuk karakter seorang Fredriksson.

Pada tahun 1979, Marie menjadi salah satu anggota grup punk Strul dan menggelar berbagai festival musik. Sayangnya band tersebut tidak bertahan lama, Strul pun bubar dan Fredriksson memilih untuk bersolo karir.

Het Vind menjadi album solo pertamanya yang berhasil dirilis pada tahun 1984. Sukses dengan album solonya, Fredriksson membentuk sebuah band bernama Roxette bersama dengan Per Gessle. Beragam musik mulai dari The Beatles, Jimi  Hendrix hingga Joni Mitchell pun menjadi salah satu sumber inspirasinya dalam bermusik.

Bersama dengan Per Gessle dengan nama Roxette, Fredriksson pun menjadi grup duo di kancah internasional. Hingga pada tahun 1980-1990an, nama Roxette pun semakin populer dan mengantarkan Fredriksson sebagai vokalis dengan kualitas suara dan penampilan panggung yang sangat baik.

Kiprahnya di dunia musik pun kian melesat. Tahun 1987 mereka pun melangsungkan konser tur perdananya, Rock Around the Kingdom. Bukan hanya itu saja, lagu-lagu karya Roxette pun berhasil menembus tangga musik lagu di Amerika Serikat, bahkan lagu Just for a Day menjadi lagu terlaris yang banyak diputar di berbagai radio.

Melalui single berjudul The Look yang ada dialbum kedua mereka Look Sharp, Roxette pun berhasil menembus pasar Amerika Serikat. Lagu ini pun berhasil meraih posisi pertama dalam chart HOT 100 Billboard. Album keduanya ini pun berhasil terjual hingga 140.000 keping kopi dalam sepuluh hari.

Tahun 2002 karir Fredriksson mulai goyah. Ia mengalami kejang di kamar mandi dan di vonis mengalami tumor otak ganas. Berbagai pemulihan pun dilakukan oleh Fredriksson namun ia tetap berkarir dan bermusik. Pengobatan yang dijalani olehnya pun membuahkan hasil. Ia dinyatakan sembuh dari tumor otak ganas.

Namun penyakit tersebut kembali menyerang Fredriksson hingga akhirnya pada 9 Desember 2019, vokalis Roxette ini menghembuskan nafas terakhirnya. Marie Fredriksson meninggal dunia dalam usia 61 tahun. Selamat jalan Marie Fredriksson.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here