Steven Sterk adalah tokoh dalam seri komik karya Peyo, yang pertama kali di terbitkan di Belgia pada tahun 1962. Benoît Brisefer adalah nama asli karakter ini. Di Indonesia dikenal dengan nama Steven Sterk, nama Sterk sendiri ternyata di ambil dari Bahasa Belanda.

Komik yang terbit di tahun 80-an di Indonesia ini sangat digemari anak-anak. Kalau buat anak-anak 80-an dan 90-an di Indonesia kata Sterk sendiri bisa disambungkan dengan kata Sterek, yang berarti kuat. Kamu anak 80-an dan 90-an pasti tahu kan arti kata sterek?

Kembali ke komik Steven Sterk, karya Peyo ini menceritakan tentang seorang anak kecil bernama Steven Sterk yang memiliki kekuatan luar biasa. Ia selalu membela kebenaran dengan kekuatannya. Namun ia mempunyai kesulitan berteman dengan anak-anak sebayanya, karena kekuatannya Steven kerap tanpa sengaja merusak benda-benda disekitarnya, misalnya ia pernah menendang bola kaki milik temannya hingga meletus. Dan itu membuatnya dijauhi oleh teman-temannya.

Namun, layaknya seperti anak-anak kecil lainnya, Steven selalu merasa mengantuk di malam hari. Dan bila Ia terlalu lelah, Ia akan sakit flu dan kekuatannya hilang apabila Steven Sterk bersin pada saat sedang flu.

Komik Steven Sterk sangat laris dipasaran karena banyak anak-anak yang pada masanya sangat menyukai cerita dan karakter yang ada di dalam komik tersebut. Bahkan komik ini pernah diangkat ke layar lebar di 2014.

Poster film Steven Sterk (2014)

Dalam versi layar lebar produksi Perancis ini, Steven Sterk harus berhadapan dengan bandit-bandit berkendaraan taksi merah, cerita ini diadaptasi dari komik “Taxi Taxi Merah”. Pemeran dalam film ini antara lain, aktor veteran Perancis, Jean Reno dan Leopold Huet yang berperan sebagai Steven.

Bicara soal komik Steven Sterk, tentu tidak pernah bisa lepas dari pengarangnya Peyo, yang juga menjadi “Ayah” dari Smurf. Pierre Culliford, atau yang lebih dikenal dengan nama pena, Peyo adalah seorang kartunis dari Belgia yang mulai dikenal di era tahun 1950-an. Karya Peyo yang banyak dikenal publik di antaranya adalah komik Smurf dan Johan and Peewit.

Peyo dan Karyanya, Smurf.

 

Peyo lahir di Belgia pada tanggal 25 Juni 1928, Ia terlahir dari seorang Ibu yang berasal dari Belgia dan Ayahnya yang berasal dari Inggris. Semenjak Peyo meninggal pada tahun 1992, seri komik Steven Sterk dilanjuti oleh anaknya yang bernama Thierry Culliford dan digambar oleh artis Pascal Garry.

Komik Steven Sterk memang sering hadir dalam Bahasa Perancis dan Inggris, tetapi ada juga lho yang hadir dalam Bahasa Indonesia, seperti “Steven Sterk – Boneka Voodoo, Steven Sterk – Nyonya Adolphine, Steven Sterk – 12 Pekerjaan Steven Sterk, dan Steven Sterk – Taxi-taxi Merah. Nah kalau kamu, punya koleksi komik Steven Sterk yang judul apa saja nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here