Permainan Galah Asin atau yang biasa disebut dengan Galasin atau Gobak Sodor merupakan permainan yang berasal dari daerah Yogyakarta. Nama Gobak Sodor berasal dari kata gobag dan sodor. Kata gobag artinya bergerak dengan bebas. Sedangkan sodor artinya tombak. Zaman dahulu para prajurit mempunyai permainan yang bernama sodoran sebagai latihan keterampilan dalam berperang. Sodor ialah tombak dengan panjang kira-kira 2 meter, tanpa mata tombak yang tajam pada ujungnya.

Permainan Galasin sempat menjadi salah satu permainan tradisional yang sangat disukai oleh anak-anak di tahun 90an. Tetapi sekarang permainan Galasin sudah jarang dimainkan oleh anak-anak, padahal permainan Galasi memiliki banyak manfaat yang bisa didapat lho! Mungkin dari kalian belum banyak yang tahu apa saja sih manfaat dari permainan Galasin? Yuk simak manfaat dari permainan Galasin berikut ini!

  • Melatih Kekompakan Antar Tim. Permainan Galasin adalah permainan yang mengutamakan kinerja kerja tim, dimana masing-masing tim biasanya terdiri dari 3 atau 5 orangatau lebih. Antar tim saling menghadang secara bergantian agar yang menjadi lawan tidak bisa lolos dalam melewati garis-garis pembatas hingga bolak-balik. Agar bisa memenangkan permainan ini jangan ada yang terkena tangkap penjaga, dan semua lawan harus selamat selama proses bolak-balik dalam area garis yang sudah di tentukan. Cara bermain dalam permainan Galasin tentunya akan melatih kekompakan Anda ketika sedang berada dalam sebuah tim.
  • Menjaga Keakraban dan Persaudaraan. Dengan bermain bersama teman-teman mengharuskan Anda menjaga keakraban yang sudah terjalin diantara Anda dan teman-teman yang lain. Agar sesi bermain semakin seru dan menyangkan ketika dilakukan bersama teman-teman.
  • Melatih Strategi. Agar tidak tidak terkena tangkapan penjaga atau terkena serangan musuh, tentunya Anda harus menggunakan taktik jitu agar berhasil memenangkan permainan sampai garis finish. Anda bisa melatih strategi dengan permainan yang mengharuskan Anda berpikir untuk mencari taktik jitu supaya menang.
  • Melatih Konsentrasi. Ketika Anda lengah sedikit dalam menjaga penjagaan dari serangan kubu lawan, Anda dan tim sudah dipastikan akan kalah. Untuk itu Anda perlu berkonsentrasi Agar penjagaan Anda tidak diserang oleh kubu lawan, hal ini bisa melatih konsentrasi Anda menjadi lebih baik lagi.
  • Melatih Kepemimpinan. Dalam permainan Galasin Anda harus melindungi tim atau anak buah dari serangan musuh. Anda juga harus menjaga benteng pertahanan agar tidak dilewati oleh lawan. Sifat melindungi itulah yang akan melatih jiwa kepemimpinan yang ada dalam diri Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here