Kentut bisa saja membuat malu bagi siapa saja yang mengalaminya, apalagi jika terjadi di tempat umum. Namun, sebuah studi menyatakan jika aktivitas yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Seperti yang dilakukan oleh ilmuwan yang berasal dari Kelly Jones Nutrition.

Kentuk atau buang angin menjadi aktivitas yang dibenci bagi setiap orang. Rasa malu tentu hadir ketika angin yang dikeluarkan meninggalkan bau atau menimbulkan suara. Namun dibalik itu semua, kentut banyak menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Setidaknya seperti yang diungkapkan oleh peneliti asal Amerika Serikat.

“Kentut dapat memberitahu tentang kesehatan pencernaan kita. Sangatlah normal untuk mengeluarkan angin beberapa kali dalam satu hari, dan justru ketika tidak sering kentut dapat mengindikasikan keragaman bakteri yang ada di saluran pencernaan berjumlah lebih sedikit,” ujar Kelly Jones MS, RD, CSSD, LDN dari Kelly Jones Nutrition dilansir dari Men’s Health.

Lebih jauh Jones menjelaskan jika memiliki keragaman bakteri pada usus sangat penting untuk kesehatan secara umum. Termasuk untuk meningkatkan suasana hati dan kebugaran tubuh, kondisi jantung yang lebih baik, dan sistem imunitas yang lebih sehat.

Jika kamu kurang sering mengeluarkan angina, Jones menyarankan untuk berkonsultasi kepada dokter untuk memahami mengapa itu terjadi dan menanyakan bagaimana caranya untuk memperbaiki sistem pencernaan. Selain yang dijelaskan diatas, kentut juga memberikan manfaat baik lainnya untuk tubuh yang diantaranya:

  1. Kentut dapat memberi sinyal jika tubuh memiliki Karbohidrat Kompleks yang cukup

Pola makan yang sehat tentu menjadi membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh. Jenis makanan mulai dari kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian menyediakan serat yang baik untuk pencernaan. Makanan-makanan tersebut juga merupakan karbohidrat kompleks yang memiliki bakteri yang baik bagi pencernaan.

Dengan asupan makanan bergizi tersebut, tubuh akan mengeluarkan gas tertentu yang biasa dikenal dengan kentut. Maka dengan mengeluarkan angina, kita menjadi tahu bahwa tubuh kita mendapatkan asupan serat yang cukup dari makanan yang dikonsumsi. Serta membantu untuk mempertahankan kesehatan organ pencernaan.

  1. Meningkatkan kesehatan usus

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kentut sudah jelas memberikan manfaat baik bagi pencernaan. Usus menjadi salah satu organ yang mendapatkan keuntungan dari aktivitas ini. Dengan kentut, usus bisa bekerja lebih optimal dan menurunkan risiko komplikasi usus besar di masa depan.

Sebalikanya dengan menahan kentut, usus akan dibatasu metabolismenya dan ujungnya menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan, nyeri dan sembelit. Jadi, menahan kentut benar-benar tidak disarankan untuk dilakukan.

 

  1. Membantu kita untuk makan yang lebih baik

Kentut dalan jumlah yang teratur memang baik untuk kesehatan. Dalam hal ini, rutinitas buang angina yang sering dan meninggalkan bau busuk juga mengindikasikan jika makanan yang kita makan terlalu tinggi protein, gula, atau lemak jenuh. Sinyal ini bisa menjadi tanda untuk mengurangin makanan tersebut dan menggantinya dengan karbohidrat sehat dan lemak nabati.

 

 

sumber: vantage

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here