Baru-baru ini band asal Inggris, Radiohead mengalami hal yang tidak mengenakan. Materi rekaman album “OK Computer” (1997) yang dipegang oleh Thom Yorke, sang vokalis dicuri oleh seorang hacker. Kemudian akhirnya Radiohead justru merilis materi rekaman selama 18 jam tersebut pada pekan lalu.

Radiohead kembali mendapat serangan dari sang hacker dengan mengancam akan menyebarkan materi rekaman jika Radiohead tidak membayar uang tebusan sebesar 150 ribu US Dollar.

“Alih-alih mengeluh atau mengabaikannya, kami merilis semua materi rekaman 18 jam di Bandcamp,” tulis Radiohead dalam laman Facebooknya. Hasil dari penjualan materi tersebut akan disumbangkan kepada kelompok kampanye lingkungan Extinction Rebelion.

Postingan di Twitter Jonny Greenwood Tentang Materi Rekaman Radiohead yang Dicuri Hacker

Materi yang direkam pada pertengahan 1990-an itu berisi versi demo beberapa lagu dalam album OK Computer. Selain itu, materi langka tersebut juga berisi beberapa lagu yang tak pernah dirilis oleh Radiohead. Bahkan, sang gitaris, Jonny Greenwood menambahkan kalau materi rekaman tak pernah dimaksudkan untuk menjadi konsumsi publik.

Album OK Computer mendapat banyak pujian saat pertama kali dirilis pada tahun 1997 silam. Apa yang ditawarkan membuat OK Computer berhasil memenangkan kategori Best Alternative Music Album Grammy Awards ke-40 di tahun 1998.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here